Ratusan Kos-kosan di Kedawung Cirebon Diduga Tidak Berizin. 

Ratusan usaha jenis kos-kosan dan penginapan yang ada di wilayah Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon disinyalir banyak yang tidak berizin. 

Ratusan Kos-kosan di Kedawung Cirebon Diduga Tidak Berizin. 
Tak hanya itu, jenis usaha bidang selain kos-kosan di Kedawung pun diindikasikan melakukan bisnis tidak berizin hal serupa sehingga sudah menyalahi aturan soal membuka usaha. (maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Ratusan usaha jenis kos-kosan dan penginapan yang ada di wilayah Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon disinyalir banyak yang tidak berizin

Tak hanya itu, jenis usaha bidang selain kos-kosan di Kedawung pun diindikasikan melakukan bisnis tidak berizin hal serupa sehingga sudah menyalahi aturan soal membuka usaha. 

"Di wilayah kami ada berbagai jenis usaha yang jumlahnya ratusan. Tapi yang paling mendominasi adalah jenis kos-kosan dan penginapan. Kami mensinyalir izinnya tidak ditempuh atau bahkan tidak berizin. Ini valid, karena kami sudah kroscek ke instansi terkait," ungkap Pengurus Karang Taruna Desa Kertawinangun Allan F Alamsyah kepada wartawan, Rabu 10 Januari 2023.

Baca Juga : Duh, Baru Diperbaiki Jalan RSU Garut Kembali Menjadi Lokasi Parkir Liar

Untuk itu, Allan meminta Pemkab Cirebon melalui dinas teknis agar segera melakukan tindakan dan melakukan penertiban sesuai mekanisme. Terutama, pada bidang dan jenis usaha penginapan dan kos-kosan yang telah tidak mengindahkan proses perijinan. 

Padahal, jika itu dilakukan dengan tertib maka imbasnya berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Cirebon

"Kami  mendesak Pemkab Cirebon segera menertibkan masalah ini. Masalahnya, banyak perusahaan yang tidak taat aturan. Mereka diduga tidak mengantongi izin persetujuan bangunan gedung," Jelasnya. 

Baca Juga : Pemkab Garut Gelontorkan Rp5 Miliar Khusus Pelaksanaan Pilkades Serentak 2023

Dirinya menyayangkan sikap Pemkab Cirebon yang menyia- nyiakan potensi PAD. Padahal kalau mau menegakan aturan, potensi PAD bisa diambil dari banyaknya bangunan gedung yang diduga belum memiliki izin. Padahal, Kecamatan Kedawung menjadi etalase atau bahkan jantungnya Kabupaten Cirebon.

"Tegakkan Perda, berdayakan semua kekuatan dan dinas terkait sesuai aturan. Ini potensi PAD sangat besar tapi justru penegakan Perdanya sangat lemah. Jadi kapan majunya Kabupaten Cirebon kalau begini terus, " 

Sementara itu, Kabid Penegakan Perda (Gakda) Pol PP Kabupaten Cirebon Sus Sabarto mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui persoalan tersebut. Masalahnya, terkait ranah perizinan bukan berada pada bagian Gakda. 

Baca Juga : Latto-latto Makan Korban, Disdik Cirebon Akan Keluarkan Surat Edaran

"Kalau masalah perizinan kos-kosan bukan pada ranah kami. Tapi nanti kami koordinasikan dengan dinas terkait. Kalau ada rekomendasi teknis bangunan tidak berizin baru kami bertindak," tukasnya.*** (maman suharman) 


Editor : donramdhani