Pintu Air Cimulu Tasikmalaya Dipenuhi Sampah, Uu Dorong Pemkot Ambil Tindakan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong Pemerintah Kota Tasikmalaya, untuk membentuk mengirimkan petugas kebersihan dalam penanganan sampah yang menumpuk di Pintu Air Bendungan Cimulu.

Pintu Air Cimulu Tasikmalaya Dipenuhi Sampah, Uu Dorong Pemkot Ambil Tindakan
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum

INILAHKORAN, Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong Pemerintah Kota Tasikmalaya, untuk membentuk mengirimkan petugas kebersihan dalam penanganan sampah yang menumpuk di Pintu Air Bendungan Cimulu.

Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul Ulum  mengatakan, selain dapat menyebabkan kebanjiran, tetapi juga menyebabkan areal persawahan menjadi kekeringan karena debit air menurun. Selain itu, kualitas air pun juga menurun akibat tercemar oleh limbah sampah yang dibuang.

“LIKA-LIKU PINTU AIR CIMULU. Pintu air Cimulu mengontrol aliran air ke daerah irigasi. Berdasarkan pantauan langsung di lokasi, terdapat sejumlah kondisi yang menghambat aliran air dari pintu air Cimulu ini, diantaranya tumpukan sampah yang menyebabkan tidak terairinya areal sawah di Manonjaya,” tulis Pak Uu dalam akun sosial media Instagramnya.

Baca Juga : Beras di Jabar Surplus, Ridwan Kamil : Jabar Jangan Sampai Ada Beras Impor

Dia berharap, masyarakat dapat lebih peduli dalam menjaga kebersihan sungai. Tidak hanya bagi para petani, tetapi juga secara luas karena dengan terawatnya sungai dapat mencegah terjadinya banjir yang tentunya berdampak bagi masyarakat di kawasan tersebut.

“Selain itu kendala lain juga berupa sedimen tinggi yang ada di dasar area bendungan. Dimohon untuk semua baraya, agar bisa lebih menjaga kebersihan, sehingga aliran utama dari pintu air ini bisa lancar dan dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar,” tandasnya. (Yuliantono)


Editor : asayuti