Konsisten Tertibkan PKL, Pemkot Bogor Siagakan Petugas dan Terapkan Denda Tipiring

Pemkot Bogor gencar menertibkan PKL di wilayah Bogor Tengah, nantinya disiagakan petugas Satpol PP Kota Bogor untuk menjaga zona steril PKL dan diterapkan denda tindak pidana ringan (Tipiring) bagi para PKL yang masih membandel. 

Konsisten Tertibkan PKL, Pemkot Bogor Siagakan Petugas dan Terapkan Denda Tipiring
Terbaru Pemkot Bogor menertibkan PKL di kawasan Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa 24 Januari 2023. (rizki mauludi)

INILAHKORAN, Bogor - Pemkot Bogor gencar menertibkan PKL di wilayah Bogor Tengah, nantinya disiagakan petugas Satpol PP Kota Bogor untuk menjaga zona steril PKL dan diterapkan denda tindak pidana ringan (Tipiring) bagi para PKL yang masih membandel. 

Terbaru Pemkot Bogor menertibkan PKL di kawasan Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa 24 Januari 2023.

Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati menuturkan, penertiban PKL mulai dilakukan saat awal tahun. Usai menertibkan kawasa Jalan Pedati, kali ini pihaknya membenahi Jalan Dewi Sartika san Nyi Raja Permas. Oleh karena itu untuk yang di Jalan Pedati, diharapkan setiap saat dijaga.

Baca Juga : Rudy Susmanto Siap Penuhi Panggilan Kejari Kabupaten Bogor

"Apalagi nanti mau Cap Go Meh. Nah, sekarang dilakukan perapihan di kawasan Suryakencana atau Surken dan kami lakukan itu juga di Jalan Pedati beberapa waktu lalu. Kemarin kami sudah kenakan Tipiring bagi yang melanggar," terangnya.

Syarifah juga menegaskan, bahwa tidak ada zona PKL di Jalan Pedati, kalaupun akan relokasi harus ada lahan yang memadai 

"Itu yang harus kita pikirkan bersama.  PKL itu akan nambah terus, ada gula ada semut. Darimanapun PKL itu akan datang dan jumlahnya makin banyak. Kalau, misalnya setiap penertiban dilakukan dengan mereka menuntut penyiapan relokasi, mana lagi lahan yang akan dijadikan relokasi. Itu menjadi pertimbangan kami semua," jelasnya.

Baca Juga : Disdik Gelar Bimtek Dana BOS SMP, Ini Amanat Sekda

Sementara itu, Kabid Trantibum Linmas Satpol PP Kota Bogor Andry Sinar Wahyudianto memaparkan ratusan petugas menertibkan PKL yang berada di tiga lokasi di Kecamatan Bogor Tengah. Ketiga titik tersebut, Jalan Sawo Jajar, Dewi Sartika, dan MA. Salmun. Penertiban terhadap ratusan lapak PKL ini melibatkan petugas gabungan dari Pemerintah Kota Bogor, TNI dan Polri dengan menurunkan alat berat jenis beko dan mobil pemadam kebakaran. 

"Setelah ditertibkan baik PKL-nya akan dilakukan normalisasi saluran air oleh Dinas PUPR, sampah oleh DLH dan penyemprotan oleh Damkar. Rencananya, Pascapenertiban pihaknya akan melakukan pengawasan secara berkala agar kawasan tersebut bebas dari PKL. Pengawasan nanti dilakukan patroli secara berkala, mudah-mudahan bisa menjaga terkait ketertibannya di wilayah ini," jelas Andry.*** (rizki mauludi)

Baca Juga : Waspada! Di Kota Bogor, Maling Nekat Beraksi di Siang Bolong


Editor : donramdhani