Indonesia Cetak Sejarah Baru Lewat Gelaran Aquabike World Championship di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Indonesia akan mencetak sejarah baru melalui gelaran Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia. Lebih membanggakan lagi, Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia akan digelar di Jawa Barat tepatnya Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Indonesia Cetak Sejarah Baru Lewat Gelaran Aquabike World Championship di Waduk Jatiluhur Purwakarta
Indonesia akan mencetak sejarah baru melalui gelaran Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia. Lebih membanggakan lagi, Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia akan digelar di Jawa Barat tepatnya Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

INILAHKORAN,Purwakarta- Indonesia akan mencetak sejarah baru melalui gelaran Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia. Lebih membanggakan lagi, Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia akan digelar di Jawa Barat tepatnya Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia yang akan digelar pada 9 hingga 12 Maret 2023 tersebut merupakan buah kolaborasi, UIM, PT Big Brother Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Perum Jasa Tirta II serta Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU).

Selain memperkenalkan olahraga Aquabike kepada masyarakat Indonesia, kegiatan juga digelar sebagai rangkaian 100 tahun Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga : KPK Ingatkan Jangan Main-main di Gempa Cianjur

Direktur Utama Big Brother Indonesia, Ivan Karen Andrian mengungkapkan, kegiatan Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia merupakan gelaran pertama di Indonesia. Disamping menjadi bagian dari pengenalan olahraga Aquabike, kegiatan juga menjadi kado 100 Harlah Nahdlatul Ulama.

Pesan lain yang ingin dicapai lanjut Ivan adalah mengenalkan Waduk Jatiluhur sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia, serta ajang promosi produk-produk UMKM. 

Baca Juga : Guna Tarik Wisatawan Mancanegara, Pemkab Garut Akan Susun Roadmap Desa Wisata Hingga 2030

"Aquabike World Championship ini sebagai apresiasi kita untuk Harlah 100 tahun NU dan HUT Kadin ke 54. Yang ke tiga sebagai penghargaan kita bagi tuan rumah Jabar Juara," papar Ivan usai penandatanganan MoU antara PT. Big Brother Indonesia dengan UIM yang diwakili  Raimondo Sanmartino d’Aglie Di San Germano di Graha Vidya Jatiluhur Valley & Ressort, Kabupaten Purwakarta, Senin, 5 Desember 2022.

Lebih lanjut Ivan menambahkan, Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia merupakan kejuaraan dunia seri pertama internasional, diikuti 25 negara hasil seleksi. "Masing-masing negara peserta berhak mengirimkan satu sampai dua tim. Sehingga ada 26 atlet yang berpartisipasi," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Direktur Pengembangan Bisni Big Brother Indonesia, Moch Yusup Briliant menambahkan, disamping mengenalkan Aquabike sebagai olahraga baru, kegiatan juga menjadi sarana promosi Waduk Jatiluhur serta UMKM dari semua daerah di Indonesia.

Baca Juga : Dua Jasad Korban Gempa Cianjur Kembali Ditemukan, Tinggal Sembilan Lagi

Karenanya, selama gelaran Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia, pihaknya juga menggelar beberapa kegiatan seperti mancing mania, nature fotografi serta pameran UMKM dengan melibatkan 504 lebih produk UMKM.

"Untuk even nasionalnya, kita hadirkan 500 lebih stan UMKM, lalu 150 fotografer dimana kita harapkan dapat mensosialisasikan pasriwisata Jatiluhur," ungkap Yusup

Sementara GM Perum Jasa Tirta II, Dadan Hidayat berharap, sebagai pengelola kawasan Waduk Jatiluhur, pihaknya tentu menyambut baik rencana kegiatan tersebut. 

Baca Juga : Dampak Gempa di Garut, 40 Rumah Rusak Dua Warga Cedera

Menurut Dadan, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan Aquabike World Championship, bisa mengangkat perekonomian masyarakat serta mendorong promosi Waduk Jatiluhur

"Secara prinsip kami tentu sangat menyambut baik. Apalagi pemilihan Waduk Jatiluhur juga merupakan hasil dari beberapa kali survei. Yang paling penting tentu saja bagaimana dari sisi keamanan," ujarnya.

"Kami juga berharap kegiatan ini dapat turut membangkitkan perekonomian masyarakat setempat, kami dukung. Semoga bisa memperkenalkan destinasi waduk Jatiluhur di kancah internasional," tegasnya.***

Baca Juga : Polisi Buru Orang Mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi di Karawang


Editor : Ghiok Riswoto