Duh Persib Didenda Rp120 Juta Saat Hadapi Persija, Ini Alasan PSSI?

Persib Bandung dijatuhi hukuman berupa denda saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung

Duh Persib Didenda Rp120 Juta Saat Hadapi Persija, Ini Alasan PSSI?

INILAHKORAN, Bandung - Persib Bandung dijatuhi hukuman berupa denda saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, 11 Januari 2023. Total mencapai Rp120 juta.


Denda pertama diberikan Persib karena suporter fanatiknya melakukan pelemparan botol dan plastik berisi air, penyalaan flare serta smoke bomb. Merujuk pada pasal 70 ayat 1, ayat 4 dan lampiran 1 NO 5 kode disiplin PSSI tahun 2018, tim berjulukan Maung Bandung ini dikenakan denda sebesar Rp100 juta. 


Lalu denda tambahan Rp20 juta harus dibayar Persib karena suporter fanatiknya yang membentangkan spanduk bersifat provokatif dan diskriminatif. Sehingga total denda sebesar Rp120 juta.


Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku sangat menyesalkan hal itu. Menurutnya, perlakuan para suporter fanatik timnya itu sudah merugikan timnya. 


"Terkait denda atau sanksi yang dijatuhkan oleh PSSI sebesar 120 juta kepada Persib akibat pelanggaran kode disiplin oleh suporter pada saat kontra Persija, tentunya kami sangat sesalkan. Tentunya sangat merugikan klub dan kami berharap bisa mencegah hal serupa dapat terjadi kembali," ungkap Teddy Tjahjono, Kamis 19 Januari 2023. 


Pria berkacamata ini memastikan pelanggaran yang dilakukan oleh segelintir suporter fanatik Persib itu telah mengakibatkan nama baik suporter Pangeran Biru yang lain menjadi ternoda. 


"Rekan-rekan suporter yang telah menjaga kondusivitas selama jalannya pertandingan dan selalu mengingatkan sesama suporter tentunya sangat kami apresiasi, semoga semangat untuk menjaga suasana menonton pertandingan yang aman dan juga nyaman bisa terus dijaga dengan baik," katanya.


Teddy Tjahjono berharap pelanggaran itu tak lagi dilakukan di pertandingan kandang Persib lainnya. Sehingga nama baik suporter serta Persib semakin baik.


"Kami berharap momentum dari tim Persib dapat terus terjaga dan tentunya kami pun sangat membutuhkan dukungan dari seluruh suporter untuk dapat hadir di stadion. Namun bila sanksi yang lebih berat berupa larangan hadirnya suporter di stadion dijatuhkan, tentunya hal ini akan menjadi kerugian bersama," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)


Editor : asayuti