Pemkab Bogor Diminta Pulihkan Ekonomi Para Pelaku UMKM Terdampak Covid-19

Pemkab Bogor Diminta Pulihkan Ekonomi Para Pelaku UMKM Terdampak Covid-19
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - DPRD Kabupaten Bogor meminta Bupati Bogor dan jajaran tak hanya melakukan pemulihan kesehatan, tetapi juga melakukan pemulihan ekonomi daerah.

Caranya, dengan memberikan bantuan hewan ternak, pakan ternak, bibit tanaman, pupuk, bantuan bahan baku dan juga bantuan untuk pelaku sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya.

"Pemkab Bogor harus beriringan dalam memulihkan kesehatan dan ekonomi daerah, dinas atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teknis harus bisa menggerakkan atau membangkitkan ekonomi masyarakat  pelaku UMKM dengan cara memberikan bantuan hewan ternak, pakan ternak, bibit tanaman, pupuk dan lainnya," ucap Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).


Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra itu menerangkan, permintaan jajarannya agar Pemkab Bogor memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM karena sebelumnya banyak pengurus sentra UKM yang menyampaikan keluh kesahnya kepada para wakil rakyat.

"Pengurus dan pelaku sentra UMKM sudah mengeluhkan kondisi usahanya yang terdampak pandemi Covid-19, hingga mereka Pemkab Bogor peduli kepada mereka dengan memberikan insentif atau bantuan hingga usaha mereja tidak bangkrut," terangnya.

Lantaran program pemberian bantuan tersebut belum dianggarkan sebelumnya, maka Rudy meminta program diatas dimasukkam dalam pergeseran atau refocusing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Dalam refocusing APBD tingkat II nanti, kami juga meminta anggaran pemberian bantuan kepada para pelaku UKM dianggarkan di semester kedua tahun ini. Kita harus bersatu dalam memerangi wabah Covid-19," pinta Rudy.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja menyambut baik rencana pemberian bantuan kepada para pelaku UMKM. Disebutkan, bantuan itu akan diberikan kepada para peternak sapi, kerbau, domba, kambing, ayam, dan ikan.

"Di Dinas Peternakan dan Perikanan kami siap melaksanakan peningkatan jumlah bantuan kepada para peternak sapi, kerbau, domba, kambing, ayam, dan ikan. Bantuan kepada mereka bentuknya bisa bibit hewan ternak, pakan ternak atau lainnya," tukas Oetje. (Reza Zurifwan)