Dahsyatnya Sholat Sunnah Fajar, Ini Bacaan dan Keistimewaannya

Dahsyatnya Sholat Sunnah Fajar, Ini Bacaan dan Keistimewaannya
Ilustrasi/Net



KITA mungkin sudah pernah mendengar bahwa sholat sunnah fajar begitu dahsyat untuk diamalkan. Lantas, apa keistimewaannya? Apakah ada bacaan khusus?

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dikutim remajaislam.com mengutip postingan akun twitter @bin-othaimen yang menjelaskan bahwa Syaikh Ibnu 'Utsaimin Rahimahullah menyebut 4 keistimewaan sholat sunnah fajar berikut ini:

1. Bacaan Khusus Yakni Surah Al-Kafirun dan Surah Al-Ikhlas


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam dua rakaat shalat Sunnah Fajar, yaitu surah Qul yaa ayyuhal kaafirun (surah Al-Kafirun) dan surah Qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas). (HR. Muslim, no. 726)

2 Shalatnya ringan, bukan shalat yang berat.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat dua rakaat yang ringan di antara azan dan iqamah shalat Shubuh. (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 618 dan Muslim, no. 724)

3 Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam terus menjaganya ketika mukim maupun safar.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia menyatakan, “Tidak ada shalat yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat perhatikan selain dua raka’at qabliyah Shubuh.” (HR. Bukhari, 1169 dan Muslim, no. 724)

4 Pahalanya besar (lebih baik dari dunia seisinya).

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia menyatakan,

“Dua rakaat shalat Sunnah Fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain disebutkan, “Dua rakaat shalat Sunnah Fajar lebih aku sukai daripada dunia semuanya.” (HR. Muslim, no. 725)

https://remajaislam.com/1562-4-keistimewaan-shalat-sunnah-fajar.html