Kelurahan Gumuruh Mulai Saluran Bansos Tunai Untuk 340 KK

Kelurahan Gumuruh Mulai Saluran Bansos Tunai Untuk 340 KK



INILAH, Bandung - Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai sebesar Rp 500.000 kepada 340 kepala keluarga (KK) pada Kamis (22/7/2021). 

Lurah Gumuruh Nurma Safarani mengatakan, pendistribusian bansos tunai tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat untuk menghindari terjadinya kerumunan di Kantor Kelurahan Gumuruh. 

"Hari ini bansos tunai mulai kita salurkan dengan prokes ketat, seperti membagi waktu agar warga tidak datang secara bersamaan, juga tempat duduk yang kita atur sedemikian rupa," kata Nurma. 


Dikemukakan dia, Kelurahan Gumuruh, Kota Bandung sebenarnya telah mengajukan sebanyak 411 KK. Namun hasil verifikasi, dan validasi dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung hanya 340 KK. 

"Bagi yang tak bisa datang ke kantor karena sakit, petugas kita datang door to door ke rumah penerima, atau bisa pula diwakilkan oleh anggota keluarganya yang masuk dalam KK," ucapnya. 

Nurma menambahkan, pencairan bansos tunai tersebut hanya dilaksanakan dalam satu hari untuk melayani 12 rukun warga (RW) di Kelurahan Gumuruh. Adapun waktu pelaksanaan dimulai pukul 10.00 WIB pagi. 

"Penerima bansos ini, kita minta untuk membawa surat yang sudah ada kode QR barcode, membawa surat KK, dan membawa KTP. Lalu petugas kita melakukan scan barcode dan memberikan uang 500 ribu," ujar dia. (Yogo Triastopo)