Pemkot Cimahi Mulai Salurkan Bantuan Beras bagi 43.155 KPM

Pemkot Cimahi Mulai Salurkan Bantuan Beras bagi 43.155 KPM
Pemkot Cimahi Mulai Salurkan Bantuan Beras bagi 43.155 KPM



INILAH,Cimahi,- Pemkot Cimahi mulai menyalurkan bantuan beras yang bersumber dari Kementerian Sosial bagi 43.155 Kelurga Penerima Manfaat (KPM), Rabu (21/7)

Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengungkapkan, dalam upaya membantu mengurangi beban warga masyarakat akibat Pandemi Covid-19, khususnya di masa PPKM Darurat, Pemerintah Kota Cimahi mulai mendistribusikan bantuan sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial berupa 10 Kg beras bagi 43.155 KPM.

Jumlah total 43.155 Keluarga Penerima Manfaat tersebut menurut Ngatiyana terdiri dari
Program Keluarga Harapan (PKH) yang seluruhnya berjumlah 7.617 PKH,  dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST berjumlah 35.538.


di Aula Kelurahan Cipageran pada Rabu pagi (21/07).  

"Selain ke dua bantuan tersebut juga akan ada lagi bantuan sosial kepada 3.000 KPM DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) berupa 5 Kg beras dari Kemensos yang kemudian ditambah dari Pemerintah Kota Cimahi sebanyak 5 Kg sehingga nantinya warga KPM DTKS akan menerima 10 Kg beras," ungkap Ngatiyana saat peluncuran bantuan di Aula Kantor Kelurahan Cipageran, Rabu (21/7)

Selanjutnya menurut Ngatiyana, pada Program BST juga akan diserahkan bantuan berupa uang tunai Rp600.000,- untuk dua bulan bulan Mei dan Juni kepada 29.713 KPM BST yang pendistribusiannya diantar ke tiap RW melalui PT. Pos Indonesia untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.

"Pada hari ini Pemerintah Kota Cimahi melaunching penyerahan bantuan beras yang datangnya dari Pemerintah Pusat. untuk Kota Cimahi sendiri akan menerima sebanyak 43.155 KPM yang terdiri dari 7.617 PKH  dan 35.538 Program BST," ujarnya.

"Kemudian nanti nanti minggu depan kita akan menyerahkan juga bantuan sosial dari Kemensos sebanyak 5 Kg ditambah 5 Kg lagi bantuan dari Pemerintah Kota Cimahi jadi menerima 10 Kg. Jadi semua ada tiga bantuan dan ini kita launching secara bersama-sama dan disebarkan melalui Kelurahan-Kelurahan," imbuhnya.

Bantuan Program BST Rp600.000, menurut Ngatiana diberikan untuk dua bulan yaitu Mei dan Juni sudah mulai diserahkan PT. Pos langsung menujuke tiap-tiap RW agar tepat guna dan sasaran serta untuk menghindari kerumunan-kerumunan pada saat pemberian bantuan.

Ngatiana menambahkan, dengan bantuan sosial tersebut, Pemerintah Kota Cimahi berharap dapat menopang dan meringankan beban hidup warga masyarakat akibat terdampak pandemi Covid-19 yang saat ini menyebar dengan sangat cepat dan telah menimbulkan banyak korban.  
Turut hadir hadir dalam peluncuran bantuan tersebut, Wakapolres Cimahi Kompol Agoeng Ramdhani, Asisten I Maria Fitriana, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak DINSOSP2KBP3A) Guntur Priambada, Sekwan DPRD Kota Cimahi Totong Solehudin, Eksekutif Vice Presiden Regional III Jabar Tini Arianti, Pimpinan Bulog Cabag Bandung Yuli Alzam, Danramil 0911 Cimahi Utara, Kapten Inf. Sumadi, serta  perwakilan dari PT. Pos Indonesia Kota Cimahi.(ghi)