Sekda Kota Bandung: Gotong Royong Terbukti Ampuh Tangani Covid-19

Sekda Kota Bandung: Gotong Royong Terbukti Ampuh Tangani Covid-19
Dokumentasi (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna kembali memberikan apresiasi atas semangat juang warganya. Kali ini, pujian tersebut diberikan kepada warga di wilayah Andir, Kota Bandung.

"Saya apresiasi meskipun setiap wilayah berbeda penanganan. Warga telah mampu bergotong royong, saling membantu kepada warga yang membutuhkan," kata Ema, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, upaya warganya tentu harus mendapat dukungan aparat kewilayahan. Koordinasi dengan puskesmas adalah salah satu upaya yang harus dilakukan aparat di tingkat kewilayahan. "Tujuannya, agar aparat di kewilayahan dapat mengontrol warganya dengan baik," ucapnya.


Sekretaris Rukun Warga (RW) 06, Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Setia Rusadi mengatakan, warga di kelurahannya telah saling bahu-membahu dalam penanganan Covid-19.

"Di lingkungan kita, tidak semua warga mampu sehingga kita menyediakan tempat isolasi mandiri (isoman) di kantor RW apabila rumahnya kurang representatif," kata Setia.

Menurutnya, beberapa waktu lalu, ada 40 warga yang terpapar Covid-19, namun berkat kesadaran dan sikap gotong royong warga di Kelurahan Maleber, jumlah tersebut tidak bertambah. "Bahkan, kali ini hanya tersisa dua orang saja yang terpapar. Alhamdulillah jika bantuan terus bergulir kepada yang terpapar," ucapnya.

Sementara itu, di kawasan RW 07 Kelurahan Ciroyom, Kota Bandung melakukan hal serupa. Warga bersama aparat RT, RW, kelurahan, kecamatan dan puskesmas saling berkoordinasi.

"Penanganan di sini terus berjalan. Warga menyediakan tabung gas dan ambulan. Selain itu edukasi kepada warga pun setiap hari dilaksanakan," kata Bendahara RW 07, Kelurahan Coroyom, Edi Juju Romansyah. (yogo triastopo)