Sekda Ema: Berkurban Ajarkan Manusia Berikan yang Terbaik 

Sekda Ema: Berkurban Ajarkan Manusia Berikan yang Terbaik 
Istimewa



INILAH, Bandung - Berkurban bukan sekedar memotong hewan, tetapi mendorong umat muslim untuk semakin dekat dengan Allah. 

Demikian salah satu hikmah khotbah yang disampaikan Ema Sumarna saat salat Iduladha di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Bandung, Jalan Nyland, Selasa (20/7/2021). 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung ini menjadi khatib Salat Iduladha. Sedangkan bertindak sebagai imam yaitu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.


Salat kali ini hanya diikuti sejumlah pegawai di lingkungan rumah dinas. Seperti ajudan, pengawal pribadi, petugas patroli dan pengawalan, dan beberapa orang Satpam. 

Salat dilaksanakan dengan penuh disiplin protokol kesehatan.

"Kurban mengajarkan kepada kita harus mempersembahkan yang terbaik kepada Allah," kata Ema.

Meskipun dengan keterbatasan di masa pandemi covid-19 ini, dituturkan dia, sebagai umat muslim harus tetap bersyukur kepada Allah. Karena masih diberikan kesehatan dan kesempatan berikhtiar menebar manfaat. 

"Di saat orang terpaksa tinggal di rumah sakit atau isolasi mandiri, kita masih bisa melaksanakan salat ini. Ucapakan selalu alhamdulillah. Jangan mengukur kenikmatan kita dengan standar orang lain yang di atas kita," ucapnya. 

Dirinya mengajak menerima keadaan tersebut dengan ridha, tulus, dan kebulatan tekad bahwa semua ini dipilihkan oleh Allah yang pasti ada hikmahnya. 

"Sikap ridha dan menerima ketentuan Allah, akan membuat kita semakin berfikir positif, melimpah imunisasi raga dan jiwa," ujar dia. 

Menurut Ema, di antara orang yang menjadi penyintas Covid-19 pada fase tertentu yang mengalami anosmia hilang penciuman dan hilang rasa. 

Tetapi ia mendorong agar tidak kehilangan sensitivitas terhadap derita orang lain. 

"Mari bersama memohon kepada Allah untuk dikuatkan kebersamaan dan kekompakan menghadapi ujian ini," tandasnya. (Yogo Triastopo)