Tirta Pakuan Normalisasi Pipa Rusak Selama Tiga Hari

Tirta Pakuan Normalisasi Pipa Rusak Selama Tiga Hari
istimewa



INILAH, Bogor - Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf terus memantau perbaikan di lokasi kebocoran pipa transmisi air baku 1000 mili meter (mm) jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng. Terbaru pipa selesai diperbaiki pada Selasa (20/7/2021) pagi dan langsung dilakukan percobaan pengaliran air untuk pengecekan pipa dan kebocoran.

 

"Selamat pagi sobat Tirta Pakuan Kota Bogor, alhamdulillah klem sadel yang direncanakan kemarin sudah terpasang. Saat ini tengah mengencangkan baut, yang kemarin Senin (19/7/2021) pengerjaan dimulai pukul 21.00 WIB dan baru selesai saat ini Selasa (20/7/2021) pukul 06.00 WIB," ungkap Ardani didampingi jajaran manager teknik kepada INILAH pada Selasa (20/7/2021) pagi.


 

Ardani melanjutkan, tahapan selanjutnya pihaknya akan membuka aliran pipa air baku 1.000 mm secara bertahap, mudah-mudahan tidak ada kendala dan dekeng dapat kembali mengolah air. 

 

"Namun kami akan buka secara bertahap dengan 150 liter perdetik, untuk dilihat apakah ada terjadi kebocoran atau tidak di bekas perbaikan," tuturnya.

 

Ardani menyampaikan, permintaan bantuan doa dari masyarakat Kota Bogor untuk tim perbaikan, mudah-mudahan cepat berlalu. Recovery diprediksi bisa dua sampai tiga hari, beberapa reservoar yang dimiliki mudah-mudahan segera kembali normal seperti biasa.

 

"Saat ini kami masih mengolah 600 liter perdetik dimana wilayah yang mengalir ke wilayah rendah. Sehingga ada beberapa yang sudah menerima aliran air," terangnya.

 

Ardani menyampaikan, terkait masih dengan kondisi saat ini, pihaknya masih menyediakan tangki air. Dari PT Adhi Karya membantu penambahan 14 truk tangki yang siaga. 

 

"Sehingga ada 27 armada tangki air kalau membutuhkan bisa dihubungi call center Tirta Pakuan Kota Bogor," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Bagian Jawa Barat, Erni Basri mengatakan, mohon doanya untuk kejadian kebocoran pipa Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, semoga penanganan berjalan lancar dan masih proses.

 

"Untuk evaluasi kami akan update kalau sudah ada. Salam sehat," singkat Erni kepada INILAH pada Senin (19/7/2021) malam. (rizki mauludi)