PPKM Darurat, Sejumlah Warga Malah Nerima Bansos Beras Dari Polresta Cirebon 

PPKM Darurat, Sejumlah Warga Malah Nerima Bansos Beras Dari Polresta Cirebon 
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Langkah Jajaran Polresta Cirebon patut mendapat acungan jempol. Sejak awal PPKM darurat, Polresta Cirebon gencar memberikan bantuan sembako.

Kali ini diberikan kepada warga Desa Cikandas Kecamatan Beber dan warga Desa Karangsari Kecamatan Weru, Minggu (18/7/2021). Bantuan bertajuk Polresta Cirebon Peduli ini, langsung menyalurkan bantuan beras secara door to door ke rumah-rumah warga.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, sasaran kegiatan Polresta Cirebon Peduli kali ini di yaitu warga slum area yang terdampak PPKM darurat di wilayah hukum Polresta Cirebon. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban warga masyarakat yang terdampak akibat PPKM darurat.


"Di Desa Cikancas dan Desa Karangsari ini kami membagikan 200 paket bantuan beras kepada masyarakat. Kami juga berkoordinasi dengan Pemdes untuk mendata warga yang akan diberikan bantuan," kata Arif.

Arif berharap kegiatan tersebut bisa membuat Polresta Cirebon lebih dekat lagi dengan masyarakat. Disamping itu, kegiatan sosial tersebut merupakan  bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya kepada warga yang terdampak dengan PPKM darurat.

"Selama ini kami sangat peduli dengan kondisi masyarakat terkait PPKM darurat. Sekuat mungkin kami ingin membantu kondisi masyarakat di wilayah hukum Polresta Cirebon," ungkap Kapolresta.

Pihaknya meyakini, jika kegiatan semacam itu diikuti instansi atau tokoh masyarakat lainnya, maka semangat kepedulian dan kebersamaan menjadi sebuah komitmen di Kabupaten Cirebon. Dampaknya, masyarakat akan semakin kuat karena mereka merasa dibantu dengan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari.

"Bantuan ini akan disalurkan secara rutin kepada warga yang membutuhkan. Kami berharap kegiatan ini menginspirasi pihak lain untuk turut berbagi dengan orang-orang di sekitarnya," jelasnya.

Selain itu lanjut Arif, Petugas gabungan dari Polresta Cirebon dan Satpol PP Kabupaten, menggelar patroli PPKM darurat. Petugas mendatangi sektor industri esensial yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon.

Sektor tersebut adalah PT Pokphand Kanci di Kecamatan Astanajapura, dan RM Aroma PO Dewi Sri serta RM Menara Kudus PO Haryanto yang berada di Kecamatan Pangenan. Para petugas mengecek apakah manajemen di tempat tersebut mematuhi ketentuan PPKM darurat atau tidak.

Namun, tetap saja petugas patroli  membagikan bantuan sosial berupa beras kepada pedagang kaki lima (PKL) yang ditemui di sepanjang perjalanan. Para PKL tersebut masing-masing diberikan bantuan beras sebanyak 5 kilogram.

"Kami mengimbau pelaku industri mematuhi PPKM darurat untuk menekan mobilisasi warga sehingga pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon segera berakhir. Keberhasilan PPKM darurat dalam menekan penyebaran Covid-19 membutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak," jelas Kapolresta.

Pihaknya mengapresiasi sektor perindustrian yang telah mematuhi aturan PPKM darurat. Arif menilai apresiasi patut diberikan kepada perusahaan yang telah berupaya mengurangi jumlah karyawan sesuai ketentuan PPKM darurat.

Tercatat, dari hasil monitoring tersebut, PT Pokphand Kanci dan RM Aroma PO Dewi Sri dinyatakan telah mematuhi protokol kesehatan serta aturan PPKM darurat. Sedangkan RM Menara Kudus PO Haryanto tidak mematuhi protokol kesehatan dan diproses tipiring oleh penyidik PPNS Satpol PP untuk disidangkan pada pekan depan. (maman suharman)
Attachments area