Keren! Alumni SMKN 1 Cimahi Ini Berinovasi Buat Alat Penghasil Oksigen

Keren! Alumni SMKN 1 Cimahi Ini Berinovasi Buat Alat Penghasil Oksigen
Istimewa



INILAH, Bandung - Alumi SMKN 1 Cimahi berinovasi membuat alat penghasil oksigen di masa krisis oksigen medis saat ini.

Ya, dia adalah Hendra Setiawan, warga Cimahi. Dia membuat alat pengganti tabung oksigen yang menghasilkan oksigen kadar 25 persen untuk membantu keluarga dan warga sekitar sebagai pertolongan pertama.

"Ini adalah alat pengganti tabung oksigen. Atas dasar keprihatinan itu, karena saya punya teknologinya, kenapa enggak saya kembangkan," ujar Hendra, Jumat (16/7/2021).


Dia menjelaskan, alat yang dibutuhkan untuk membuat oxygen maker ini adalah tabung plastik, elektronik shell berupa lempengan stainless, selang, dan terminal listrik stainless murni antikorosi. Selain itu, alat tersebut merupakan lambang kepedulian sekaligus keprihatinannya melihat kondisi saat ini.

"Alat ini hadir di sela-sela kesibukan kita bertahan hidup. Saya harap alat ini bisa jadi penolong," ungkap Head Director PT Sinverho Energi Indonesia itu.

Kendati begitu, kata Hendra, alat ini masih belum bisa dikomersialkan sebab belum melalui uji lab. Dia berharap, laboratorium kesehatan di sekitarnya bisa menguji alatnya tersebut.

"Saya pikir, untuk alat kesehatan seperti ini prosesnya memang panjang. Mudah-mudahan pihak seperti Labkesda atau lab lainnya bisa membantu mengetes dan menguji kelayakan alat ini," papar pria lulusan Teknik Elektro Universitas Jenderal Ahmad Yani tersebut.

Selain mengasah kemampuannya di dunia kerja dan wirausaha yang ia tekuni hari ini, ilmu dasar seputar tata udara telah ia dapatkan sejak duduk di bangku SMK. Hendra merupakan alumni SMKN 1 Cimahi jurusan teknik pendingin dan tata udara.

"Saya mengajak seluruh pelajar untuk berani berinovasi. Motivasi diri dengan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Karena, orang paling mulia adalah yang bermanfaat bagi sesama," pungkasnya. (Okky Adiana)