DPRD Jabar Harap Pandemi Ditangani dengan Cepat

DPRD Jabar Harap Pandemi Ditangani dengan Cepat
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Bandung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady berharap, penanganan pandemi Covid-19 dapat dilakukan secara cepat, seiring dengan melonjaknya kasus terpapar yang mengkhawatirkan.

Pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah penanganan kata Daddy, guna meredam kepanikan akibat lonjakan signifikan korban terpapar pandemi. Ruang rawat khusus pasien Covid-19, mau tidak mau harus ditambah di daerah dalam penanganan. Belum lagi risiko tenaga kesehatan, yang juga ikut terpapar kala menangani pasien.

"Butuh langkah cepat. Ketika pandemi terus menyebar, bahkan banyak tenaga kesehatan ikut terpapar, dibutuhkan langkah penanggulangan secepatnya,” ujar Daddy kepada INILAH, Jumat (16/7/2021).


Daddy mengakui, situasi sekarang memang serba sulit. Selain fasilitas kesehatan yang terbatas bagi pasien, seperti ruangan, obat-obatan, oksigen dan lain-lain. Jumlah tenaga kesehatan turut jadi persoalan kata dia, sehingga masih ada pasien yang tidak tertangani dengan maksimal. Kendati demikian, dia tetap berharap dan optimistis persoalan ini dapat segera teratasi.

"Masalahnya kemudian bukan hanya pada ketersediaan ruangan. Banyak dampak ikutan yang harus dipenuhi, semisal obat-obatan, APD, dan oksigen beserta tabungnya yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Terlepas dari pro dan kontra soal kebijakan yang diambil dalam penanganan pandemi, fakta di lapangan masih banyak warga yang meninggal dunia. Lahan yang disediakan beberapa daerah untuk tempat pemakaman umum menunjukkan hal itu. Butuh langkah cepat untuk menanggulanginya, tapi tetap harus sabar," ucapnya. (Yuliantono)