Ade: Krakatau Steel Isi 200 Tabung Oksigen per Hari ke Kabupaten Bogor 

Ade: Krakatau Steel Isi 200 Tabung Oksigen per Hari ke Kabupaten Bogor 
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan 200 isi tabung oksigen berukuran 6 kubik dari PT Krakatau Steel per hari. Ketersediaannya kini sangat diperlukan demi kebutuhan medis penanganan pasien Covid-19.

Rencananya, ratusan tabung oksigen tersebut ditempatkan di Pos Komando (Posko) Ketersediaan Oksigen Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Penempatan itu sesuai dengan Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/365/Kpts/Per-UU/2021.

"Kabupaten Bogor berterima kasih kepada PT Krakatau Steel karena setiap harinya membantu kita dengan cara mengirimkan 200 isi tabung oksigen berukuran 6 kubik," kata Bupati Bogor Ade Yasin, Rabu (14/7/2021).


Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu menambahkan, dengan bantuan pengisian tabung oksigen itu diharapkan kelangkaan tabung oksigen maupun isinya tidak terjadi. Untuk itu, pihaknya mengatur skema pertukaran tabung oksigen kosong dengan tabung berisi.
 
Sesuai dengan nomenklatur, tugas pokok Posko Ketersediaan Oksigen itu mengupayakan ketersediaan oksigen untuk keperluan medis penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor. Selain itu, lembaga itu pun menyusun rencana kebutuhan oksigen untuk keperluan medis baik untuk fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat, maupun buffer stock untuk pengamanan kebutuhan oksigen.
 
“Selanjutnya, mengendalikan pendistribusian oksigen mulai dari pabrik, distributor, agen penyalur hingga ke Fasyankes dan masyarakat. Posko juga melakukan koordinasi dan menyinkronkan antara kebutuhan dengan suplai oksigen serta sarana pendukungnya,” jelas Ade.

Terpisah, Ketua Posko Ketersediaan Oksigen Nuradi menjelaskan jajarannya haru ini juga mendapatkan pinjaman 12 tabung oksigen plus isinya berukuran 6 kubik dari Pemprov Jawa Barat.

"Karena jumlahnya terbatasnya, maka bantuan dari Pemprov Jawa Barat ini akan kami kirim ke 4 RSUD yang ada di Kabupaten Bogor. Jika stok ketersediaan ini kurang, maka Dinas Kesehatan akan melakukan pengadaan," jelas Nuradi.

Sekretaris Posko Ketersediaan Oksigen Budi Pranowo melanjutkan pendistribusian bantuan isi tabung oksigen ini dilakukan ke 4 RSUD dan rumah sakit swasta yang memang sangat membutuhkan.

"Untuk pendistribusian bantuan isi tabung oksigen ke 4 RSUD dan rumah sakit swasta ini kami menggunakan dua unit truk armada BPBD dan DPKAD,  per harinya kami berangkat pagi dan sore," ujarnya.

Kabag Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Bogor Budi CW menuturkan, sebelum adanya bantuan isi tabung oksigen dari PT Krakatau Steel itu pihak rumah sakit kewalahan saat mengisi tabung oksigen.

"Di stasiun pengisian tabung oksigen beberapa waktu lalu terjadi antrien sangat panjang hingga pihak rumah sakit kewalahan. Dengan bantuan PT Krakatau Steel ini mereka tentunya ikut menjadi penyelamat bagi para pasien Covid-19. Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih," tutur Budi. (Reza Zurifwan)