Kejar PTM, Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar di Bandung Dimulai

Kejar PTM, Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar di Bandung Dimulai
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi covid-19 terhadap pelajaran usia 12 hingga 17 tahun di wilayah Jawa Barat dan Kota Bandung. Diharapkan, pembelajaran tatap muka (PTM) segera dilakukan setelah terbentuk herd immunity. 

"Target vaksinasi yang akan kita laksanakan di SMP Negeri 2 ini ada 1.000 orang," kata Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Jawa Barat Brigjen TNI Deddy Agus Purwanto, Rabu (14/7/2021). 

Dikemukakan dia, pihaknya baru menerima 100 orang perwakilan pelajar yang akan divaksin dari lima SMP di Kota Bandung. Kegiatan vaksinasi pun, dilakukan di SMA Negeri 5 dengan target 1.000 orang pelajar yang saat ini terlebih dahulu diwakili pelajar dari 14 sekolah. 


"Perlu diketahui bersama, bahwa kegiatan vaksinasi khusus untuk umur 12 sampai 17 tahun ini, secara jumlah besar baru kali ini. Namun di Jawa Barat, vaksinasi remaja itu baru 839 orang dan total remaja yang terdata ada 4.867.047 orang," ucapnya. 

Menurutnya, kegiatan vaksinasi covid-19 di SMP dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar dan Kota Bandung serta TNI juga Polri. Diharapkan, kegiatan vaksin dapat mempercepat program vaksinasi covid-19. 

"Mudah-mudahan, kegiatan vaksinasi akan berlanjut terus, khususnya keseimbangan antara yang remaja dengan dewasa. Kita juga melakukan door to door di wilayah Bogor di dua pemukiman dengan target 1.000 orang yang dapat divaksin," ujar dia. 


Dikatakan Deddy, tujuan vaksinasi covid-19 kepada pelajar, salah satunya adalah untuk mendorong agar PTM segera dapat terlaksana. Namun untuk saat ini, pemerintah masih melaksanakan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. 

"Target total kita seluruhnya, mencapai 80 persen tervaksin dan situasi kondisi dinilai agak normal, maka lanjut kepada apa yang diinginkan yaitu pelaksanaan belajar tatap muka," jelasnya. 

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, remaja berusia 12 hingga 17 tahun di Kota Bandung mencapai 244 ribu lebih. Namun, remaja di usia yang sekolah di Kota Bandung lebih banyak karena berasal tidak hanya dari Kota Bandung namun Bandung Raya. 

"Jadi intinya, tentunya terimakasih kepada BIN yang mendorong proses vaksinasi terhadap usia 12 sampai 17 tahun. Mudah-mudahan begitu regulasi pemerintah pusat dilakukan, PTM kita sudah siap dengan herd immunity bagi usia 12 sampai 17 pelajar," kata Yana. (Yogo Triastopo)