Bogor Selatan Gencarkan Vaksinasi, Rancamaya Minim Kasus Positif Covid-19

Bogor Selatan Gencarkan Vaksinasi, Rancamaya Minim Kasus Positif Covid-19
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan menjadi kelurahan dengan jumlah kasus positif Covid-19 paling sedikit di Kota Bogor. Meski begitu pihak Kecamatan Bogor Selatan bersama Polresta Bogor Kota tetap menggencarkan vaksinasi untuk menekan angka Covid-19.

Terbaru, Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro yang menggelar vaksinasi di gedung SMP Bhakti Taruna Kampung Tajur, RT 04/06, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Selasa (12/07/2021).

Lurah Rancamaya Arief Hidayat mengatakan sedikitnya angka Covid-19 d wilayahnya tersebut, lantaran mobilitas warga setempat yang rendah dan mobilitas pendatang yang minim. Mayoritas mata pencaharian warga berada di sektor pertanian. 


"Ya karena aktivitas warganya yang hanya dari rumah ke kebun atau persawahan, juga pendatang yang bisa dikatakan tidak ada. Adapun yang terpapar covid-19, mereka yang bekerja di luar Kota Bogor. Nah mereka yang terpapar adalah mereka yang bekerja di Jakarta," tuturnya pada Selasa (13/7/2021).

Arief melanjutkan, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus mengingatkan agar warga tidak melupakan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.

"Tapi saya dan pak babinsa dan bhabinmas terus bergerak ke masyarakat untuk tidak kendor dalam menaati prokes," tuturnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatullah mengatakan untuk menekan angka Covid-19 di Bogor Selatan pihaknya bersama Polresta Bogor Kota gencar melakukan kegiatan vaksinasi. 

"Vaksinasi ini gagasan pak Kapolresta, targetnya RT Zona Merah, karena jarak rumah yang berdekatan jadi dari RT 01 sampai 04 ikut divaksin. Total jumlah masyarakat yang mendaftar sebanyak 123 orang. Jumlah masyarakat yang divaksin sejumlah 114 orang dan sembilan orang tidak di Vaksin karena mengalami tekanan darah tinggi dan gangguan kesehatan lainnya," ungkapnya.

Terpisah, Lurah Pakuan Erwin Subastian mengatakan sedikitnya 13 orang  dari tujuh rumah terpapar covid-19 dalam satu lingkup RT.  

"Di RT 04/06 yang terpapar Covid-19 sebanyak 13 orang dari tujuh rumah. Sudah hari ke-13 jadi memasuki masa penyembuhan," pungkasnya. (Rizki Mauludi)