Soal Pemadaman PJU di Kawasan Kota di Garut, Ini Kata Bupat Rudy

Soal Pemadaman PJU di Kawasan Kota di Garut, Ini Kata Bupat Rudy
istimewa



INILAH, Garut-Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui kemungkinan adanya peningkatan tindak kriminalitas dengan adanya pemadaman listrik penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik di kawasan perkotaan di Garut sejak memasuki pekan kedua pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Garut pada 9 Juli 2021.

"Jadi, saya mohon maaf. Yang dilakukan itu adalah (pemadaman) PJU sepanjang jalan. Memang kriminalitas mungkin saja meningkat. Tapi kami patroli TNI-Polri," kata Rudy kepada wartawan di halaman gedung Command Center Komplek Pendopo Garut, Senin (12/7/2021).

Rudy menyebutkan, yang dilakukan pemadaman hanya PJU dan bukan listrik pada rumah-rumah warga. Pemadaman PJU juga dilakukan sebagai wujud nyata dari pembatasan kegiatan masyarakat guna mengurangi mobilitas warga di masa PPKM Darurat. 


Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, pihaknya melakukan patroli selama pemadaman PJU itu berlangsung.

Pemadaman PJU di kawasan perkotaan itu sendiri selain mengejutkan masyarakat, juga mengundang beragam komentar. Kendati ada yang setuju, sebagian besar menilainya berlebihan karena hal itu justeru bisa mengundang tindak kejahatan maupun kecelakaan. 

"Udah dilarang keluar rumah, banyak warga yang sekadar cari penghidupan untuk makan sehari-hari dilarang berjualan, kompensasi gak ada. Baru wacana akan. Eh, penerangan jalan juga dimatikan. Apa dijamin enggak ada yang berkeliaran ? Bukannya itu malah bisa mengundang kejahatan ?" Tuti (50) warga Tarogong Kidul heran. 

Pemadaman PJU rencananya dilakukan hingga 20 Juli 2021, berlangsung sejak pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. 

Pemadaman PJU dilakukan antara lain di ruas Jalan Siliwangi,  Jalan Ahmad Yani, Jalan Ciledug, Jalan Cikurai, Jalan Dewi Sartika, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Merdeka, Jalan Cimanuk, Jalan Guntur, Jalan Ahmad Yani Timur-Ciparay, Jalan Papandayan, Jalan Bharatayuhda, Jalan Pasundan, dan Jalan Pembangunan depan RSU hingga persimpangan Sukadana. 

Juga, Jalan Patriot, Jalan Pembangunan, Jalan Samarang-Dinas PUPR, Jalan Otista-Pasawahan Tarogong Kaler, dan Jalan Alun alun Tarogong Kaler.

Pantauan lapangan, bukan hanya PJU, pemadaman listrik juga dilakukan pada baliho/videotron dan penerangan taman seperti di kawasan Simpang Lima Tarogong Kidul.(zainulmukhtar)