Cabaca Gelar Lomba Menulis Novel Cerita Dewasa

Cabaca Gelar Lomba Menulis Novel Cerita Dewasa
istimewa



INILAH, Jakarta - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang ditetapkan Pemerintah tak selalu berimbas buruk. Terbukti, jumlah pembaca di platform digital mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dalam siaran persnya kepada INILAHCOM, Cabaca menyebut bahwa jumlah pengguna aktif mingguan mereka naik hingga 400 persen dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif sebelum masa pandemi.

Kenaikan tersebut, menurut mereka, merupakan sebuah kabar baik mengingat Indonesia sering disebut sebagai salah satu negara dengan minat baca yang rendah.


Ternyata survei yang selama ini dijadikan dasar untuk menentukan tinggi rendahnya minat baca di suatu negara masih didasarkan pada jumlah kunjungan ke perpustakaan dan pembelian buku cetak. Padahal, terlebih di masa pandemi ini, faktor tersebut sudah tidak relevan untuk dijadikan acuan.

Pasalnya, banyak perpustakaan dan toko buku yang terpaksa harus tutup atau dibatasi jumlah kunjungan. Selain itu di era digital seperti sekarang, akses bacaan melalui platform seharusnya juga perlu diperhitungkan.

Di Cabaca sendiri, banyak kategori bacaan yang diminati. Uniknya, genre adult adalah salah satu yang menjadi primadona, di mana jumlah pembaca rata-rata genre ini mencapai lebih dari 20.000 per bulan.

Melihat ketertarikan pembaca, Cabaca berinisiatif mengadakan lomba menulis novel yang mengusung tema New Adult, dengan tujuan untuk menantang penulis dalam mengeksplorasi isu-isu 'menjadi dewasa' yang relate dengan kehidupan dewasa di dunia nyata.

Selain itu, diharapkan pula bisa memenuhi permintaan pembaca akan novel genre adult yang berkualitas.

Kontes Menulis Novel New Adult 'Adulting Tales' sudah dibuka pendaftarannya sejak 5 Juli 2021 dan masih akan berlangsung hingga 10 September 2021.

Menurut Rifka Az-Zahra, editor sekaligus penanggung jawab kontes menulis novel ini, tema kehidupan dewasa sangat menarik untuk ditulis karena setiap orang pasti akan dan pernah mengalaminya.

"Isu-isu seperti quarter life crisis, mengelola keuangan pribadi, mencari jodoh dan memulai kehidupan rumah tangga, dan suka-duka dalam dunia pekerjaan selalu menjadi topik hangat yang dibicarakan, terutama bagi anak-anak muda yang masih clueless atau bingung menghadapi dunia orang dewasa," ungkap dia.

"Maka dari itu, Cabaca ingin mengajak para penulis dan calon penulis untuk menuliskan kisah-kisah tentang kehidupan dewasa ke dalam sebuah novel, mengingat tema tersebut selalu relatable untuk dibaca dan menjadi favorit di Cabaca," lanjut Rifka.

Dalam pelaksanaan Kontes Menulis Novel New Adult 'Adulting Tales' ini, Cabaca menggandeng beberapa partner yakni Gotosovie, brand tas dari Yogyakarta yang merupakan #bestfriend pilihan para wanita karir di Indonesia.

Ada pula Finansialku.com sebagai perusahaan perencanaan keuangan berbasis teknologi yang giat dalam memberikan literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kegiatan literasi dan inklusi yang dilakukan Finansialku.com bertujuan agar masyarakat Indonesia semakin melek finansial.

Bersama partner yang bergerak di bidang berbeda, Cabaca juga akan menghadirkan talkshow dengan tema beragam dalam rangkaian acaranya, demi menunjang peserta untuk memperdalam insight tentang kehidupan dewasa.

Selain itu, pemenang kontes ini akan sangat diuntungkan karena selain mendapatkan uang tunai dan hadiah berupa produk cantik dari Gotosovie, pemenang juga akan mendapat kontrak eksklusif dari Cabaca.

Dengan begitu, karya dari pemenang event kali ini nantinya berkesempatan dibaca oleh ribuan orang dan menjadi buku favorit di Cabaca.

Cabaca pun berharap bahwa ke depannya peserta yang mengikuti kontes menulis novel ini tak hanya dapat mengembangkan dan meningkatkan keterampilan menulis novel, tetapi juga mampu mengangkat isu-isu menarik dari kehidupan dewasa yang bermanfaat bagi pembacanya. (inilah.com)