Ratusan ASN Pemkab Cirebon Terkena Mutasi

Ratusan ASN Pemkab Cirebon Terkena Mutasi
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon akhirnya melakukan rotasi mutasi kepada ratusan ASN golongan 3 dan 4, Jumat (9/7/2021), menjelang magrib. Ada sekitar 500an ASN yang terkena rotasi dan mutasi. 

Selain itgu, beberapa eselon 2 dalam rangka pengukuhan SOTK baru. Tersiar kabar, mutasi dilakukan untuk menjawab keraguan publik, pada draf mutasi dari luar yang sempat beredar beberapa waktu lalu.

"Draf pihak luar yang diajukan ke baperjakat dan sudah menjadi konsumsi umum, berubah total. Hampir delapan puluh persen berubah," kata Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon Hilmi Rivai.


Hilmi menjelaskan, pihaknya dan Baperjakat sudah bekerja profesional dalam menentukan mutasi. Hal itu sesuai dengan asesmen yang dilakukan beberapa waktu lalu. Pertanyaan publik tentang mutasi yang dilakukan saat PPKM, juga sudah disetujui pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Cirebon.

"Walaupun dilakukan secara virtual, kami koordinasi terlebih dahulu dengan Satgas. Ini juga waktu mutasi termasuk telat, karena seharusnya dilakukan dibulan kemarin. Kan ada perubahan SOTK baru," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron kembali memastikan mutasi dan rotasi kali ini benar-benar murni pertimbangan secara profesional. Hal itu terbukti dari dari draf pihak luar yang diajukan, hampir sebagian besar dirubah. Dirinya menilai, mutasi kali memang untuk menguatkan tatanan birokrasi Pemkab Cirebon.

"Semuanya dilakukan secara profesional tanpa ada tekanan pihak manapun," tegasnya.

Seperti diberitakan, Bupati Imron sempat membocorkan draf mutasi yang diduga dibuat pihak luar. Masalah tersebut menjadi pemberitaan besar, karena bukan tanpa alasan tiba-tiba Imron memperlihatkan draf tersebut ke kalangan media. 

Terbukti, mutasi baru dilakukan kemarin. Padahal menurut informasi, mutasi akan dilakukan pada akhir bulan Kemarin. Sejumlah kalangan menilai hal itu menjadi penilaian tersendiri bahwa Imron mulai menunjukan taringnya dan enggan disetir pihak manapun, termasuk mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi yang saat ini masih mendekam di Lapas Sukamiskin. (Maman Suharman)