Prof. An An Chandrawulan Tutup Usia

Prof. An An Chandrawulan Tutup Usia
istimewa



INILAH, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali kehilangan salah seorang guru besarnya. Guru Besar Fakultas Hukum Unpad Prof. An An Chandrawulan, meninggal dunia pada usia 61 tahun di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung, Sabtu (10/7/2021) pukul 3.15 WIB.

Prof. An An lahir di Bandung, 13 Januari 1960. Almarhumah meraih gelar pendidikan Sarjana pada bidang hukum perdata di FH Unpad, kemudian pendidikan Magister pada kajian hukum bisnis internasional di Katholieke Universiteit of Leuven, Belgia, tahun 1995, serta pendidikan Doktor di Unpad tahun 2010.

Mendiang Prof. An An sudah mengabdi sebagai pengajar di Fakultas Hukum Unpad sejak 1986. Tidak hanya sebagai pengajar, Prof. An An pernah menduduki sejumlah jabatan akademik, di antaranya Kepala Departemen Hukum Perdata, Wakil Dekan II FH Unpad 2013-2016, serta Dekan FH Unpad periode 2016-2021.

Jabatan terakhir yang diemban adalah Kepala Departemen Hukum Bisnis Transnasional dan Ketua Pusat Studi Hukum Infrastruktur Unpad.

Selain di akademik, Prof. An An juga aktif berkegiatan sebagai praktisi hukum. Terakhir, ia tergabung sebagai tim Badan Pembinaan Hukum Nasional dalam penyusunan RUU Hukum Kontrak. Almarhumah juga banyak aktif dalam konferensi nasional maupun internasional.

Prof. An An mendapat penghormatan terakhir dalam upacara pelepasan yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Sabtu (10/7) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, banyak sekali jasa almarhumah bagi FH Unpad maupun Unpad secara keseluruhan. Salah satunya ketika almarhumah menjabat sebagai Dekan FH Unpad.

Rektor mengatakan, di masa kepemimpinan Dekan Prof. An An, kampus FH Unpad resmi berpindah lokasi ke kampus Jatinangor. Pasca kepindahan tersebut, Prof. An An banyak berkontribusi dalam penyediaan fasilitas belajar di kampus FH Jatinangor.

Tidak hanya itu, di masa kepemimpinannya, FH Unpad juga aktif menjalin dan memperkuat kemitraan dengan pihak asing, hingga menjalin kemitraan dengan para alumni.

“Selamat jalan Ibu An An tercinta. Jasa-jasa dan pengabdian terhadap almamater akan selalu kami kenang dan akan kami manfaatkan untuk kemajuan Unpad tercinta,” kata Rektor.

Almarhumah merupakan istri dari Guru Besar Fakultas Hukum Unpad Huala Adolf. Usai mendapat penghormatan terakhir, almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cililin, Kabupaten Bandung Barat. (Okky Adiana)