SMA Darul Hikam Gelar Webinar Kurban

SMA Darul Hikam Gelar Webinar Kurban
istimewa



INILAH, Bandung - Menjelang perayaan Iduladha tahun ini, SMA Darul Hikam menggelar webinar terkait kurban. Dalam kegiatan virtual yang diikuti 90 peserta itu dihadirkan Agus Rohman sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Darul Hikam dan Ghoffar Husnu sebagai doktor Ilmu Peternakan lulusan Universitas Padjadjaran (Unpad).

"Dalam pandangan Islam sebetulnya banyak terkait dalil, keutamaan, dan hikmah dari ibadah kurban. Dari pandangan sains, bagaimana melihat tata penyembelihan hewan kurban yang sudah dilakukan, dan bagaimana seharusnya sesuai syariat dan juga tetap dengan prinsip kesejahteraan hewan," papar Wakasek Kesiswaan Hakim Herlambang Afghandi, Jumat (9/7/2021).

Selain itu, penyiapan hewan sebelum penyebelihan ada protokol tertentu. Sehingga diharapkan hewan itu tidak stres, tidak terkena sinar matahari langsung, tidak tersiksa, tidak kehausan, dan tidak kelaparan. Persiapan hewan kurban sebelum disembelih itu juga penting agar kualitasnya tetap terjaga.  


"Mudah-mudahan dengan materi yang kita sampaikan tadi, masyarakat terutama yang mengikuti zoom meeting, bisa semakin 'ngeh' dengan hal-hal tersebut. Jadi bagaimana pentingnya pengurusan dan penyembelihan sesuai dengan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan," imbuhnya. (Okky Adiana)