Masih PPKM Darurat, Salat Idul Adha di Kota Bandung Kemungkinan Ditiadakan

Masih PPKM Darurat, Salat Idul Adha di Kota Bandung Kemungkinan Ditiadakan
istimewa



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kemungkinan akan meniadakan salat Idul Adha karena bertepatan dengan masih berlangsungnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat pada 20 Juli mendatang. 

 

"Kalau kondisi seperti ini, kecenderungan kebijakannya diambil tidak dilaksanakan salat Idul Adha, baik itu di masjid maupun di lapangan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna pada Jumat (9/7/2021). 


 

Menurut dia, tidak hanya kebijakan soal salat. Kegiatan yang biasanya dilakukan saat Idul Adha seperti penjualan hewan qurban hingga pemotongan hewan qurban harus dapat diminimalisasi. Mereka pedagang, seharusnya tak lagi berjualan di pinggir jalan. 

 

"Kita berikan penjelasan dan pemahaman kepada para penjual hewan qurban, dan panitia pemotongan. Kalau bisa, pemotongan itu dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) dengan menerapkan standardisasi agar tidak menimbulkan kerumunan," ucapnya. 

 

Ema menambahkan, pemerintah kota pun berharap agar pembagian hewan qurban nantinya langsung disalurkan panitia kepada penerima daging kurban. Hal itu, ditekankan dia untuk menghindari kerumunan guna mencegah penyebaran covid-19. 

 

"Harapannya seperti itu, panitia nanti yang membagikan daging-daging kurban ini kepada penerima. Jadi polanya tidak lagi seperti dulu saat tidak pandemi, dimana orang-orang langsung berdatangan ke tempat pemotongan hewan," ujar dia. (Yogo Triastopo)