Gandeng Wings Peduli, Pemkot Bandung Uji Coba Sentra Vaksinasi

Gandeng Wings Peduli, Pemkot Bandung Uji Coba Sentra Vaksinasi
Istimewa



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Yayasan Wings Peduli menguji coba Sentra Vaksinasi di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung pada Kamis (8/7/2021). 

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, uji coba ini merupakan upaya pemerintah dan swasta dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.  

"Semoga kasus segera turun, kekebalan komunitas segera terbentuk, dan pandemi segera berlalu. Kita kembali sehat dan bahagia," kata Yana seusai meninjau pelaksanaan uji coba Sentra Vaksinasi. 


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani menjelaskan, uji coba Sentra Vaksinasi dilakukan selama dua hari, yakni 8-9 Juli 2021.

"Hari ini kita melakukan uji coba. Sebetulnya kita belum 'launching'. Kita sedang uji coba untuk Sentra Vaksinasi yang didukung Wings Peduli," kata Rosye. 

Sebanyak 500 peserta mendapatkan jadwal vaksinasi di hari pertama. Peserta merupakan masyarakat yang telah terdaftar sebelumnya dan diharuskan datang sesuai dengan jadwal vaksinasi. 

Hal ini agar tidak terjadi kerumunan ataupun antrean peserta di tempat vaksinasi. 

"Kita pun selalu berharap pelaksanaan vaksinasi ini mudah diakses masyarakat, tetapi tidak membuat kerumunan. Sehingga harus dengan pendaftaran tidak siapapun datang," ucapnya. 

Selain Sentra Vaksinasi di Taman Dewi Sartika, terdapat satu sentra vaksinasi lainnya yaitu di Lapang Tegalega Kota Bandung. Pelayanan vaksinasi di Lapang Tegalega rencananya akan dilakukan dengan sistem drive thru. 

"Di Lapang Tegalega mudah-mudahan akhir minggu ini selesai persiapannya. Hari Senin (pekan depan) bisa uji coba lagi kemudian kita evaluasi," ujar dia. 

Royse berharap, kerja sama pemerintah dan swasta akan membantu percepatan vaksinasi bagi masyarakat. 

"Vaksinasi merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah, tetapi juga swasta. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak swasta yang sudah banyak membantu kami," tandasnya. (Yogo Triastopo)