Banyak Ruas Jalan di Kota Bandung Ditutup, Begini Penjelasan Sekda

Banyak Ruas Jalan di Kota Bandung Ditutup, Begini Penjelasan Sekda
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna



INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan tujuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat untuk menurunkan kembali kasus Covid-19. Salah satunya dengan membatasi mobilitas masyarakat.

Dia pun mengaku mendukung penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung secara terjadwal.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung bersama Polrestabes Bandung sepakat untuk memberlakuan penutupan sejumlah ruas jalan secara terjadwal. Yaitu pada pukul 08.00-10.00 WIB, 13.00-16.30 WIB, dan Pukul 18.00-05.00 WIB.


"Supaya mobilitas bisa tertekan makanya dikendalikan dulu. Sekarang itu dari kacamata kepolisian, perlu ada pengaturan-pengaturan," kata Ema di RW 08 Kelurahan Sindangjaya, Kota Bandung pada Rabu (7/7/2021).

Dia memastikan, penyekatan yang dilakukan tiga waktu di ring 1, 2, dan 3, merupakan hasil kesepakatan dalam rapat bersama Polrestabes Bandung dalam rangka meningkatkan managemen dan pengaturan waktu.

Menurutnya, penyekatan jalan tersebut merupakan pola pengaturan supaya warga membatasi aktivitasnya di luar rumah. Warga tidak beraktivitas di luar terus dari pagi sampai dengan sore atau sampai dengan waktu maghrib.

"Makanya ini polanya buka tutup-buka tutup," ucapnya.

Dari beberapa lokasi yang dikunjungi terkait pelaksanaan PPKM darurat, Ema menilai sebagai besar warga sudah sangat memahaminya. PPKM darurat juga telah berjalan dengan baik.

"Kalau ukurannya apa yang terjadi di sini (RW 08 Kelurahan Sindangjaya), kita bisa melihat bahwa tidak banyak masyarakat yang beraktivitas atau bisa dikatakan hampir tidak ada aktivitas, artinya ini sudah memahami," ujar dia. 

Pada pemantauan PPKM Darurat kali ini, dirinya sempat berbincang dengan beberapa warga yang sedang melakukan isolasi mandiri dari luar rumah. Dia pun menyemangati dan mendoakan agar warga dapat pulih kembali dan dinyatakan negatif Covid-19.

"Tadi huhu saya meninjau lokasi Gedung Serba Guna yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat untuk isolasi mandiri," tandasnya. (Yogo Triastopo)