Demi Kekebalan Tubuh, Dewan Ajak Warga Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Demi Kekebalan Tubuh, Dewan Ajak Warga Sukseskan Vaksinasi Covid-19
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Citeureup - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, vaksin sangat dibutuhkan tubuh masyarakat untuk mengurangi risiko terpapar dan gejala sakit Covid-19 yang berat.

"Kami mengimbau masyarakat ikut vaksin agar herd immunity bisa cepat kita capai. Tapi, pelaksanaan vaksinasi juga harus tetap disiplin memakai masker dan jaga jarak atau prokes Covid-19," ucap Rudy usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SMPN 1 Puspasari, Kecamatan Citeureup, Rabu (7/7/2021).


Proses vaksinasi, menurutnya harus menerapkan prokes yang ketat. Selain itu juga harus menjaga sterilisasi lokasi dan mengatur jarak sosial agar tidak terjadi kerumunan. 

"Petugas vaksinasi Covid-19 harus membuat perencanaan yang baik, dari mulai proses pendaftaran, proses menunggu hingga pasca penyuntikan vaksin  harus dibuatkan alur lalulintas orang agar tidak terjadi kerumunan," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Rudy juga mengingatkan, masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 mempersiapkan diri dari rumah. Proses pendaftaran, kata Rudy, bisa dilakukan secara online hingga warga hanya harus datang sesuai dengan jam yang ditentukan.

"Setelah di vaksin langsung kembali ke rumah untuk istirahat, karena vaksinasi Covid-19 memiliki efek samping yaitu mengantuk, lapar atau lainnya,"  kata Rudy.

Sedangkan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim menambahkan penyuntikan vaksin merupakan bagian dari ikhtiar menangani pandemi Covid-19. Namun, vaksinasi juga harus dibarengi dengan upaya lain. 

"Kuncinya kita sukses vaksinasi Covid-19 ialah harus tetap disiplin dengan prokesnya," tambah Agus.

Politisi PKS tersebut meyakini, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan dapat mempercepat penanganan Covid-19 yang hari ini berada dalam fase darurat. 

"Semua elemen masyarakat harus berperan. Ikuti semua ketentuan yang diatur pemerintah. Memang situasinya tidak mudah, tapi di situlah peran serta dan pengorbanan kita agar kondisi normal kembali," pungkasnya. (Reza Zurifwan)