Gebyar Vaksin Itenas Keren, Kaum Milenial Mulai Sadar Vaksin

Gebyar Vaksin Itenas Keren, Kaum Milenial Mulai Sadar Vaksin
istimewa



INILAH, Bandung-Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung kembali menyelenggarakan vaksinasi massal bagi 5.000 warga ber-KTP Kota Bandung, Selasa-Kamis (6-8/7/2021). Acara digelar di Bale Dayang Sumbi Gedung Serbaguna Itenas, Jl. PHH. Mustapa No. 23 Bandung.

Menariknya, gebyar kali ini dipenuhi anak muda. Hal ini menunjukan antusias kaum milenial akan pentingnya vaksin sebagai benteng pertahanan diri dari serangan virus covid-19.

Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari, Ir., MT., Ph.D. mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk kontribusi Itenas dalam mendukung program Pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Bandung. Salah satunya melalui kekebalan kelompok (herd immunity) dengan percepatan pelaksanaan vaksinasi.


“Itenas ingin berkontribusi dalam rangka untuk mendukung program pemerintah agar pandemi covid-19 ini segera berakhir,” kata Meilinda kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Meilinda mengaku bangga atas antusias masyarakat, khususnya kaum muda. Kalau melihat pendaftaran yang sebenarnya dibuka secara online sampai 30 Juni 2021, ternyata pada saat pembukaan 25 Juni 2021, sudah langsung memenuhi kuota.

“Kami melakukan validasi, karena mungkin ada yang mendaftar dua kali atau melakukan kesalahan, sehingga pendaftaran ditutup pada tanggal 27 Juni. setelah validasi data, sudah mencapai kuota di angka 5.273,” jelasnya.

Meilinda mengatakan, Itenas tidak membuka pendaftaran vaksin di lokasi karena tidak mau ada kerumunan. Selain itu, panitia pun menentukan jadwal agar peserta vaksin yang datang sesuai sesi yang sudah ditentukan. Informasi hari dan sesi setiap peserta disampaikan melalui whatsapp (wa) dan juga dapat dilihat pada situs vaksinitenas.itenas.ac.id dengan memasukkan NIK peserta.

“Vaksin ini tahap I, sedangkan tahap kedua direncanakan tanggal 3-5 Agustus. Tentu kembali dilaksanakan di Itenas,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya di Itenas. Sebelumnya kampus teknik terbaik ini telah menyelenggarakan vaksinasi dosis-1 dan dosis-2 kepada seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan Itenas dengan peserta sebanyak 500 orang, dan vaksinasi kepada 1.500 orang Guru dan ASN se-Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung. 

Vaksinasi massal ini terselenggara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kodam III/Siliwangi, UPT Puskesmas Neglasari, Klinik Kiara Husada, Puskesmas Cigadung, dan Klinik Mutiara Cikutra. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah mitra Itenas, seperti Le Minerale, Antangin, Mustikaratu, Kopiko, Imugard, PT. Jasa Medivest, PT. Kalbe Farma.