GrabFood Bantu Bisnis Pelaku UMKM Berkembang Pesat

GrabFood Bantu Bisnis Pelaku UMKM Berkembang Pesat
istimewa



INILAH, Bandung - Platform digital diakui membantu bisnis yang dijalani para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkembang. Head of Marketing GrabFood Hadi Koe mengatakan, dengan beragam tools yang dimiliki aplikator itu membantu para pelaku bisnis memahami perilaku pasar.

Dia membenarkan betapa beratnya masa pandemi Covid-19 bagi bisnis kuliner Indonesia. Namun, pihaknya melihat sendiri perjuangan para mitra merchant dalam mempertahankan operasional bisnisnya. Analisis data bisnis yang tepat dan lingkungan yang mendukung akan membuat bisnis terus berkembang.

“Seiring dengan upaya kami untuk menjadi platform terbaik bagi UMKM, GrabFood meluncurkan GrabAcademy dan GrabMerchant AutoLaris yang bertujuan untuk memberdayakan mitra merchant kami dengan rangkaian webinar edukatif dan peluang untuk berbagi dengan sesama pelaku bisnis,” kata Hadi dalam rilis yang diterima, Selasa (5/7/2021).


Tak hanya itu, dukungan finansial juga diberikan kepada mitra merchant melalui Program Apresiasi Mitra. Program itu menempatkan Grab memberikan cashback untuk mendorong lebih banyak pengembangan bisnis bagi mitra merchant terlepas dari ukuran maupun latar belakangnya. 

Dia menambahkan, pihaknya responsif membantu untuk menjalankan program promosi di GrabFood. Terutama kendala teknis seperti memastikan kode voucher GrabFood dapat digunakan konsumen dan memfasilitasi setiap merchant untuk mendapatkan kode promo khusus, bahkan yang bisa dipersonalisasi dengan nama brand.   

Bantuan itu dirasakan Fery Yoga sebagai pemilik brand Wingz O Wingz.  Dia mengakui, bisnis kuliner sayap ayam goreng itu bisa berkembang bisa sukses dan memenuhi setiap permintaan pelanggan online. Marketing Manager Wingz O Wingz M Muhlis mengatakan, brand-nya berkomitmen untuk tetap relevan bagi konsumen setianya dengan menghadirkan berbagai pilihan paket menu best deal di masa pandemi ini. 

Dengan menggunakan GrabAds, iklan yang ditargetkan Wingz O Wingz di platform GrabFood dapat menjangkau lebih banyak konsumen baru karena fitur ini mampu menargetkan konsumen yang sudah menyukai hidangan ayam tetapi belum mengenai produk Wingz O Wingz sebelumnya. 

“Wingz O Wingz menyadari untuk mempertahankan bisnis yang sudah berjalan justru menjadi misi yang lebih menantang. Dengan bantuan teknologi digital, kami dapat mengamati perilaku konsumen kami dengan lebih mudah media sosial maupun GrabFood telah memberi kami bukti serta data yang akurat tentang permintaan konsumen,” ujar Muhlis seraya menyebutkan kini bisnisnya memiliki gerai di Bojongsoang, Kopo, Antapani, dan Ujungberung.

Menurutnya, dengan data yang sudah tersedia itu tinggal menunggu pihaknya untuk memanfaatkan agar menjangkau konsumen yang lebih luas dengan produk yang juga relevan untuk mereka. Pada akhirnya, kata dia, semua strategi itu akan mendukung rencana ekspansi bisnisnya ke depan. 

“Saat membuka gerai ketiga di Antapani, Wingz O Wingz resmi mendaftarkan diri sebagai mitra merchant GrabFood dan mulai menjajaki platform online untuk strategi penjualan dan pemasarannya,” tambahnya. (dnr)