Polresta Bogor Kota Mulai Lakukan Vaksinasi Bagi Masyarakat di Zona Merah

Polresta Bogor Kota Mulai Lakukan Vaksinasi Bagi Masyarakat di Zona Merah
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Munculnya klaster baru di Perumahan Kedaton Grande, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan membuat Satgas Covid-19 Kecamatan Bogor Selatan menerapkan aturan PPKM Mikro. Untuk memperkuat PPKM Mikro Polresta Bogor Kota melaksanakan vaksinasi massal di perumahan Kedaton Grande pada Senin (5/7/2021).

Polresta Bogor Kota saat ini tengah melakukan kegiatan vaksinasi keliling di zona merah. Pelaksanaan vaksinasi di Kedaton Grande yang dimulai sejak pagi tersebut diikuti ratusan warga.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pelaksanaan vaksinasi keliling di zona merah ini dilaksanakan untik mendukung PPKM darurat sebagai penaganan terhadap PPKM Mikro.


"Diketahui di RT ini terdapat enam rumah yang memang sudah terpapar kami berharap rumah-rumah lainnya itu juga tidak terpapar, 100 vaksin sudah turun pada hari ini berdasarkan skala prioritas," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Susatyo mengatakan, vaksinasi dilaksanakan kepada warga yang berada diwilayah pemetaan kuning dan orange. Artinya vaksinasi dilaksanakan kepada warga yang tinggak disebelah orang yang positif Covid-19.

"Tentunya kegiatan ini akan terus kami laksanakan untuk menekan penyebaran ditingkat RT atau PPKM Mikro, sekaligus juga treatment untuk pembagian sembako bagi masyarakat isolasi mandiri dan pasar murah," terangnya.

Susatyo menegaskan, vaksinasi dengan target tertentu ini juga akan dilakukan di beberapa lokasi. Untuk penentuan lokasi vaksinasi akan dilakukan sesuai assesment dari polisi RW.

"Karena ini vaksinasi yang targetif bukan random maka sangat bergantung pada data. Setiap hari Polresta Bogor Kota di posko PPKM itu mendata mana RT yang masuk zona merah, dengan data itu maka dilakukan survey dan verifikasi kalau memang benar bahwa di RT tersebut ada terdapat di atas lima rumah yang keluarganya terpapar Covid-19. Kegiatan vaksinasi ini juga dilakukan oleh para vaksinator dari RS Bhayangkara," tegasnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mengatakan penerapan PPKM Mikro sudah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu.

"Jadi ini itu PPKM mikro kami lakukan sesuai regulasi perwali 38 tahun 2021, bagaimana di sini diterapkan one gate system, hilir mudik juga kami awasi terus. Untuk logistik juga disiapkan, alhamdulillah kami dapat dukungan dari DKPP," tuturnya. 

Dia menambahkan, selain membatasi akses masuk diperumahan, dilakukan juga vaksinasi massal kepada warga.

"Dalam rangka kekebalan kelompok, ini kami juga apresiasi Kapolresta dengan RS Bhayangkara menbantu kami dalam rangka herd immunity bagi warga di sini," bebernya.

Saat ini, dia mengaku untuk keseluruhan ada sekitar 480 warga Bogor Selatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Itu dari 16 kelurahan, paling banyak adalah rangga mekar kemudian pamoyanan cipaku dan sebagainya, dan ini perlu ikhtiar kita bersama sebagai upaya untuk menerapkan protokol sehari-hari diwilayah kita ini menjadi suatu kewajiban yang harus dipatuhi," pungkasnya. (Rizki Mauludi)