Ditemukan Warga yang Meninggal Saat Isoman, Ini Langkah Tim Pemulasaran Jenazah

Ditemukan Warga yang Meninggal Saat Isoman, Ini Langkah Tim Pemulasaran Jenazah
istimewa



INILAH, Bogor - Usai mendapat kabar adanya pasien isolasi mandiri (isoman) meninggal dunia di rumahnya yang ada di Kecamatan Bogor Utara, tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19 melakukan evakuasi jenazah pemuda berusia 23 tahun tersebut.

"Polresta Bogor Kota bersama dinas terkait telah melaksanakan evakuasi bagi masyarakat yang meninggal dunia di rumah," jelas Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Senin (5/7/2021).

Susatyo melanjutkan, petugas pemulasaran yang terdiri dari berberapa personel Polresta Bogor Kota seperti Satlantas, Binmas, Sabhara hingga Satreskrim itu datang ke rumah untuk melakukan proses pengurusan jenazah dengan protokol kesehatan. Lalu, jenazah dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kayu Manis.


"Mereka ini telah dilatih Rumah Sakit Bhayangkara untuk melaksanakan protokol kesehatan penanganan jenazah Covid-19," terangnya.

Dia memaparkan, kedepan, apabila ada warga yang meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri atau bergejala Covid-19 dapat segera menghubungi tim pemulasaran jenazah ke nomor hotline 08111173165.

"Kami akan melayani masyarakat yang meninggal dirumah dengan identifikasi kasus atau gejala Covid-19. Kami akan turun mengawal, sampai pemakaman juga dilakukan secara protokol kesehatan," paparnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Pemulasaraan Jenazah Non RS Rino Indira Gusniawan mengatakan terkait pemulasaraan ini pihaknya dibantu tim Polresta Bogor Kota. Yakni Wakasat Lalin dan anggota sesuai arahan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

"Kami menangani penanganan jenazah pasien Covid-19 Non Rumah Sakit, yakni yang isolasi mandiri. Semuanya gratis," tegas Rino yang juga Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Rino menuturkan, pihaknya mengkoordinasikan pengambilan jenazah warga, lalu dimasukkan ke peti jenazah untuk kemudian dikirim ke pemakaman khusus Covid-19 menggunakan ambulans dari Baznas Kota Bogor, PCNU Kota Bogor dan DKM Masjid Agung.

"Pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 ini dikerjakan bersama tim dari unsur-unsur yang ada. Sampai hari ini kami baru menangani satu jenazah pasien Covid-19 di Villa Bogor Indah," pungkasnya. (Rizki Mauludi)