Inilah Perkembangan Proyek Pembangunan Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijurey

Inilah Perkembangan Proyek Pembangunan Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijurey
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Tanjungsari - Rencana proyek pembanguan Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijurey di Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor memasuki tahap finalisasi model dan desain bendungan.

Kedua proyek yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (UPR) tersebut akan dikomandoi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

"Pekan ini BBWS Citarum dan Kementerian PUPR sedang finalisasi desain dan model test Bendungan Cibeet, masih didiskusikan," kata Kabid Insfrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Dani Rahmat kepada wartawan, Senin (5/7/2021).


Dia menambahkan, langkah selanjutnya yakni melakukan sidang kerangka acuan dan proses penyusunan analisa dampak lingkungan Bendungan Cibeet.

"Kami selanjutnya melakukan sidang kerangka acuan dan proses penyusunan analisa dampak lingkungan untuk mengidentifikasi dan menetapkan isu-isu permasalahan strategis yg harus diperdalam dalam penyusunan analisa dampak lingkungan Bendungan Cibeet," tambahnya.

Dani menuturkan, usai finalisasi model dan desain Bendungan Cibeet maka pihak BBWS Citarum dan Kementerian PUPR melakukan finalisasi desain dan model test Bendungan Cijurey pada pekan depan.

"Proses finalisasi desain dan model test Bendungan Cijurey ini tahapannya sama dengan Bendungan Cibeet, kedua proses tersebut juga dihadiri bagian Komisi Keamanan Bendungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air," tutur Dani.

Mengenai proses pembebasan lahan, ia menjelaskan baik BBWS Citarum dan Kementerian PUPR sedang dalam tahap proses penentuan lokasi calon lahan Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijurey.

"Proses clear and clean dokumen analisa dampak lingkungan dan rencana anggaran biaya pembangunan pararel dengan proses penetapan lokasi, lalu dipeekirakan jumlah kebutuhan anggaran untuk pembebasan lahan, pembangunan dua bendungan tersebut dan sebagainya," jelasnya.

Info yang dihimpun Inilah  untuk membebaskan lahan lokasi pembangunan Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijurey, Balai Besar Wilayah Citarum setidaknya menganggarkan uang sebesar Rp50 miliar.

Rencana total luas lahan Bendungan Cibeet adalah 1.300 hektare, sementara luas lahan Bendungan Cijurey jauh lebih kecil yaitu hanya memiliki luas sebesar 200 hektare.

Kedua proyek strategis nasional (PSN) ini rencananya akan dilelang konsultasi dan pekerjaannya pada Oktober tahun ini, paling lambat dikerjakan pada awal 2022. Proyek bernilai triliunan rupiah ini ditargetkan selesai pada akhir 2024 mendatang. (Reza Zurifwan)