Harry Kane Kejar Lima Gol Cristiano Ronaldo

Harry Kane Kejar Lima Gol Cristiano Ronaldo
Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Al Islam Bandung dr Muhammad Iqbal. (Antara Foto)



INILAH, London – Harry Kane mengejar Cristiano Ronaldo. Jika berhasil, itu akan jadi Sepatu Emas kelima yang dia raih.

Setelah mengemas dua gol ke gawang Ukraina, kini Harry Kane sudah tiga kali menjebol gawang lawan. Dia tertinggal dua gol dibanding Cristiano Ronaldo yang sudah mencetak lima gol.

Tapi, dua gol saja tidak cukup bagi Harry Kane merebut sepatu emas. Dia butuh mencetak tiga gol di dua laga tersisa, semifinal –dan kalau lolos ke final. Kalaupun dua gol yang dia cetak, maka diperlukan dua assist.


Harry Kane selama ini sudah mengoleksi empat sepatu emas. Tiga kali dia jadi top skor di Liga Primer bersama Tottenham Hotspur. Dia adalah juga pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018.

Sebelum Euro 2020 berlangsung, Harry Kane menyatakan ambisinya untuk menambah Sepatu Emas Euro dalam koleksinya. Tapi, dia gagal di laga penyisihan grup. Dia baru bersinar di babak knock-out.

Menghadapi Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko, Harry Kane terlihat bermain dalam 75 persen kemampuannya. Dia kehilangan irama dan tak percaya diri meskipun banyak umpan yang diarahkan kepadanya.

Setelah menyia-nyiakan peluang bagus di babak pertama lawan Jerman, Harry Kane baru menemukan kembali performa terbaiknya, baik dengan atau tanpa bola.

Kalau saja kiper Ukraina, Heorhiy Bushchan tak melakukan penyelamatan sambil terbang, Harry Kane bisa mencetak trigol di perempat final. Dia melepaskan tendangan voli menyerupai gol terindah Euro sepanjang sejarah yang dicetak Marco van Basten ke gawang Uni Soviet di final 1988.

Kapten Inggris itu satu dari tujuh pemain yang sudah mencetak tiga gol. Mereka tertinggal di belakang Ronaldi dan patrik Schick yang sudah mengemas lima gol.

Harry Kane yakin dia bisa menjebol gawang lawan sehingga bisa mencetak lima gol. Kalau itu terwujud, maka itu akan jadi sepatu emas kelima dalam lemari trofinya.

Lebih penting lagi, dengan tiga gol di dua laga terakhir, itu bisa juga berarti Inggris berpeluang memenangkan Euro 2020.

“Menjadi sangat penting bagi kami sebagai sebuah tim bahwa dia sudah kembali menjebol gawang lawan,” kata pelatih Inggris, Gareth Southgate.

Dia menilai gol ke gawang Jerman adalah momen signifikan bagi Harry Kane. Dia menilai sang pemain sudah bisa melepaskan beban beratnya.

“Saya kira, kita sudah melihat penyelesaiannya ke gawang Ukraina. Kemudian tendangan voli itu. Itu voli yang luar biasa,” tambahnya.