Ratusan Pelaku UMKM Ikut Vaksinasi Covid-19 

Ratusan Pelaku UMKM Ikut Vaksinasi Covid-19 
istimewa



INILAH, Bandung - Sebanyak 400 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Sabtu (3/7/2021). 

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Keanggotaan dan Pembinaan Daerah Kadin Jabar Ferry Sandiana mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kepedulian terhadap pelaku UMKM di wilayah Jabar. 

"Kegiatan ini kita bagi menjadi dua segmen, yaitu vaksinasi pertama (hari ini) dan kedua (14 hari ke depan) dengan total kuota 800 orang," kata Ferry di Kantor Kadin Jabar, Jalan Surapati, Kota Bandung. 


Menurut dia, kegiatan hari ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan Kadin Jabar. Namun ke depan, sebanyak 27 kabupaten/kota turut melaksanakan seiring penambahan kuota dari pemerintah. 

"Terpenting adalah mereka pelaku usaha ini sehat saja dulu. Kalau sehat, mereka bisa melakukan usahanya dengan aman dan nyaman tentunya. Dan ke depan, 27 kabupaten/kota akan melaksanakan kegiatan vaksinasi seperti hari ini," ucapnya. 

Ferry pun berharap kepada pemerintah untuk memberikan solusi lainnya kepada pelaku UMKM. Sebab mereka-mereka ini ikut terdampak langsung dari bencana pandemi Covid-19 yang masih mengganas. 

"Kita berharap kepada pemerintah untuk melakukan terobosan baru, agar bagaimana pelaku UMKM kembali bangkit dari keterpurukan ini. Situasi ini berbeda ketika krisis moneter 1998. Pelaku UMKM tidak begitu merasakan dampak. Tapi sekarang berbeda," ujar dia. (Yogo Triastopo)