KPAD: Anak Harus Dilindungi dari Wabah Covid-19

KPAD: Anak Harus Dilindungi dari Wabah Covid-19
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Dengan meningkatnya penyebaran Covid-19 di Bumi Tegar Beriman, Komisi Pelindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor menyampaikan pernyataan dukungan dan himbauan khususnya untuk kepentingan terbaik bagi anak.

Sekretaris KPAD Kabupaten Bogor Erwin Suriana mendukung berbagai kebijakan Pemkab Bogor dalam pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat kepada seluruh masyarakat.

"Kami pun mendukung berbagai upaya Pemkab Bogor dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 terhadap anak melalui imunisasi, vaksinasi serta tindakan medis lainnya yang terukur, aman dan tepat sasaran bagi kepentingan anak," ucap Erwin kepada wartawan, Jumat (2/7/2021).


Dia menambahkan, KPAD juga menyetujui penundaan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM)
untuk seluruh jenjang Pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal.

"PTM sebaiknya ditunda demi kesehatan dan keselamatan anak bangsa," tambahnya.

KPAD Kabupaten Bogor pun diakuinya mendukung apabila di rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan, ada penyediaan ruang isolasi khusus anak-anak.

"Rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya, harus memisahkan ruangan rawat atau isolasi anak dengan orang dewasa," tutur Erwin.

Selain itu, dia pun mengimbau kepada masyarakat dan pihak lainnya untuk tidak melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan termasuk tidak membawa anak-anak ke pusat-pusat pembelanjaan, pasar, objek wisata dan ruang keramaian publik lainnya.

"Asupan anak yang bergizi dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga harus diperhatikan para orang tua. Interaksi anak di lingkungan rumah masing-masing termasuk dengan smartphone juga harus didampingi orang dewasa serta jangan biarka anak bermain di tempat  atau taman hiburan publik," tukasnya. (Reza Zurifwan)