Pemkot Bogor Buka Pendaftaran CPNS, Ingat Gratis!

Pemkot Bogor Buka Pendaftaran CPNS, Ingat Gratis!



INILAH, Bogor - Pemerintah Kota Bogor resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Dari usulan 600 formasi, Pemerintah Pusat memberikan jatah kuota 591 formasi untuk Pemkot Bogor, dengan rincian terbagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk PPPK.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor Taufik mengatakan, Pemkot Bogor mendapat jatah formasi beberapa waktu lalu dan mulai tayang sejak malam tadi pukul 00.00 WIB.

"Tertuang dalam Pengumuman Nomor : 800/3335 - BKPSDM/2021Tentang Penerimaan Pegawai Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor Tahun Anggaran 2021 per 29 Juni 2021. Secara umum kuota untuk CPNS total ada 257 formasi. Yang terdiri dari 211 formasi Tenaga Kesehatan dan 46 formasi Tenaga Teknis," ungkap Taufik pada Kamis (1/7/2021).


Taufik melanjutkan, formasi mulai dari dokter, perawat hingga bidan, yang akan ditempatkan di berbagai puskesmas se-Kota Bogor sampai di RSUD Kota Bogor. Dari total CPNS yang tersedia, ada alokasi lima formasi untuk peserta difabel dan tiga formasi untuk peserta Cum Laude.

"Sedangkan untuk PPPK, sambung dia, seluruhnya untuk formasi Tenaga Pendidik yang berjumlah 334 formasi. Mulai dari guru kelas, guru agama Islam, guru Pendidikan Jasmani (Penjas), guru konseling hingga guru TIK, yang akan ditempatkan di berbagai sekolah tingkat SD dan SMP," terangnya.

Ia memaparkan, pendaftaran seleksi akan berlangsung mulai 30 Juni sampai 21 Juli 2021. Melalui https://sscasn.bkn.go.id, nanti rencana pelaksanaan seleksi pada 25 Agustus sampai 4 Oktober untuk CPNS. Sedangkan PPPK guru akan disampaikan nanti oleh Kemendikbudristek, Agustus sampai Desember.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Data dan Penatusahaan BKPSDM Kota Bogor Aries Hendardi menuturkan, para pendaftar wajib mengikuti perkembangan informasi yang tertera pada link https://cpns.kotabogor.go.id. Rencananya, seleksi akan dilaksanakan sesuai waktu rencana tertera di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, bersamaan dengan tes Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. 

"Rencana tes di Gedung Tegar Beriman bersama sama Kabupaten Bogor titik lokasinya," ungkap Aries.

Arie menegaskan, bahwa seluruh tahap pelaksanaan penerimaan pegawai ASN Pemkot Bogot tahun 2021 tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. Kemudian jika dinyatakan lulus pada saat melengkapi persyaratan administrasi ditemukan adanya pemalsuan dokumen dan ketidaksesuaian dengan persyaratan yang ditentukan, akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta secara otomatis dianggap gugur.

"Diimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak tertentu (calo-red) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahap seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau bentuk lain. Panitia juga tidak membuka layanan melalui telepon, WhatsApp, telegram atau media lainnya selain yang disebutkan dalam surat pengumuman," pungkasnya. (rizki mauludi)