Perempat final Euro 2020: Belgia dan Italia bertemu bak final prematur

Perempat final Euro 2020: Belgia dan Italia bertemu bak final prematur
antarafoto



INILAH, Bandung-Ajang Euro 2020 kini sudah memasuki babak perempat final menyusul Ukraina memastikan diri sebagai tim terakhir dalam delapan besar turnamen setelah mengalahkan Swedia secara dramatis dengan skor 2-1 di Glasgow, Rabu dini hari WIB.

Ukraina dan Swiss menjadi dua tim yang menorehkan sejarah penampilan pertama di perempat final Euro, tetapi sorotan tentu diarahkan kepada pertemuan Belgia kontra Italia yang bagi sebagian kalangan dianggap sebagai sebuah laga final prematur.

Berikut daftar pertandingan dan jadwal babak perempat final Euro 2020:

Belgia vs Italia @ Muenchen (2 Juli - 23.00 WIB)

Setelah menyapu bersih fase penyisihan Grup B, Belgia jadi tim yang bertanggung jawab memastikan Portugal gagal mempertahankan gelara juara Euro seusai gol cantik Thorgan Hazard menjadi pembeda kedua tim di babak 16 besar.

Lolos sebagai jawara Grup A, Italia nyaris dikejutkan Austria di babak 16 besar beruntung VAR menganulir gol lawan mereka dan tim besutan Roberto Mancini melaju lewat kemenangan di babak tambahan waktu.

Kendati Belgia kini merupakan tim peringkat satu dunia, Italia memasuki perempat final yang akan dimainkan di Allianz Arena, Muenchen pada Jumat (2/7) malam WIB dengan rekam jejak bagus berupa 14 kemenangan dan empat hasil imbang dalam 22 pertemuan kontra Pasukan Setan Merah.

Italia juga tidak pernah kalah dalam empat pertemuan melawan Belgia di babak utama turnamen-turnamen bergengsi termasuk saat menang 2-0 di penyisihan grup Euro 2016.


Swiss vs Spanyol @ Saint Petersburg (3 Juli - 02.00 WIB)

Swiss menciptakan kejutan dengan menyingkirkan juara dunia Prancis lewat adu penalti untuk menorehkan catatan bersejarah pertama kalinya mencapai babak perempat final Euro.

Spanyol lengah dan membuang keunggulan dua gol dalam lima menit terakhir waktu normal sebelum akhirnya mampu menundukkan Kroasia 5-3 lewat babak tambahan waktu di babak 16 besar.

Swiss vs Spanyol di babak perempat final tak ubahnya adalah pertemuan antara tim kejutan dan tim unggulan turnamen yang bakal dimainkan di Krestovsky, Saint Petersburg, pada Sabtu (3/7) dini hari WIB.

Seperti kontra Prancis, Swiss juga dibebani rekam jejak pertemuan yang amat timpang melawan Spanyol, di mana mereka cuma sekali menang dan 16 kali kalah dalam 22 pertandingan. Satu-satunya kemenangan terjadi dalam laga persahabatan pada 2010, tapi pertandingan besok akan menjadi pertemuan pertama mereka di ajang Piala Eropa.
 

Ukraina vs Inggris @ Roma (3 Juli - 23.00 WIB)

Ukraina harus menunggu hingga menit ke-121 demi bisa menyingkirkan Swedia dalam laga 16 besar dan menorehkan catatan bersejarah pertama kalinya mencapai perempat final Euro sejak berpisah dari Uni Soviet.

Inggris lolos ke perempat final seusai menundukkan Jerman, demi mengubur kenangan buruk 1996 sembari menajamkan torehan apik sebagai satu-satunya tim yang belum kebobolan di Euro 2020.

Laga perempat final melawan Ukraina akan jadi kali pertama Inggris main di luar kandangnya sendiri dalam Euro 2020 ini dan dijadwalkan berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada Sabtu (3/7) malam WIB.

Dalam tujuh pertemuan resmi, Ukraina hanya sekali menang dan empat kali kalah melawan Inggris. Ini bakal jadi pertemuan kedua di Euro setelah penyisihan grup edisi 2012, yang dimenangi Inggris dengan skor 1-0.


Republik Ceko vs Denmark @ Baku (4 Juli - 02.00 WIB)

Kendati hanya lolos dari fase grup sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, Ceko sekali lagi membuktikan mereka jadi tim pembawa sial bagi Belanda yang mereka singkirkan di babak 16 besar, meski lawannya itu punya bekal sapu bersih kemenangan di Grup C.

Denmark melanjutkan kisah emosional mereka menyusul insiden kolapsnya Christian Eriksen di laga pembuka grup dengan melumat habis Wales 4-0 dalam laga 16 besar untuk melangkah ke perempat final.

Ceko vs Denmark dijadwalkan berlangsung di Stadion Olimpiade Baku pada Minggu (4/7) dini hari WIB.

Enam dari sembilan pertemuan kedua tim berakhir imbang, tetapi Ceko selalu bisa mengalahkan Denmark saat bertemu di babak utama Euro, termasuk kemenangan meyakinkan 3-0 dalam perempat final 2004. (antara)