Proyek Pemulihan Bencana Alam di Cigudeg-Sukajaya Segera Dikerjakan

Proyek Pemulihan Bencana Alam di Cigudeg-Sukajaya Segera Dikerjakan
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Sukajaya - Walaupun belum dikontrak, proyek peningkatan Jalan Cigudeg-Kiarasari-Cisangku dan proyek Jalan Kiarabeha-Pasir Madang-Cileuksa, Kecamatan Sukajaya sudah diumumkan pemenang lelangnya.

Proyek senilai Rp25 miliar dan Rp28 miliar tersebut anggarannya bersumber dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat dan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dengan terlaksananya proyek insfrastruktur tersebut diharapkan tidak hanya memulihkan ekonomi masyarakat sekitar tetapi juga memulihkan wilayah Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Sukajaya. Pada awal 2020 lalu insfrastruktur wilayah tersebut tergerus tanah longsor. 


"Kami mengharapkan dengan terlaksananya proyek insfrastruktur jalan dan jembatan di dua kecamatan yaitu Cigudeg dan Sukajaya akan memulihkan ekonomi masyarakat setempat," kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang R Soebiantoro menambahkan PT Sabrina Jaya Abadi dan PT Duta Tunas Kontruksi Pratama selaku pemenang lelang akan diproses kontrak kerjanya.

"Setelah syarat-syarat kelayakan, surat jaminan dan lainnya sudah lengkap, maka kedua pemenang lelang proyek peningkatan Jalan Cigudeg-Kiarasari-Cisangku dan proyek Jalan Kiarabeha-Pasir Madang-Cileuksa, Kecamatan Sukajaya akan kami tetapkan sebagai pemenang berkontrak, lalu mereka diminta segera mengerjakan kewajibannya," tambah Soebiantoro.

Dia menjelaskan, selain peningkatan jalan dua proyek tersebut juga ada pekerjaan pembangunan jembatan ataupun tanggul penahan tanah atau turap.

"Bencana alam tanah longsor dan banjir bandang pada awal Januari 2020 lalu memang tidak hanya memutuskan akses jalan, tetapi juga membuat fisik jembatan rusak dan longsornya tebingan," jelasnya. (Reza Zurifwan)