Tim Voli Pantai Gagal Segel Tiket Olimpiade Tokyo

Tim Voli Pantai Gagal Segel Tiket Olimpiade Tokyo
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Tim voli pantai putra gagal menyegel tiket Olimpiade Tokyo setelah dikalahkan Australia pada babak final AVC Beach Volleyball Continental Cup di Nakhon Pathom, Thailand, 25-27 Juni.

Tim voli pantai putra Indonesia, yang datang sebagai tim non-unggulan, sebetulnya sempat memberikan kejutan dengan menaklukkan China di babak perempat final, Jumat (25/6).

Kemenangan Merah Putih disumbang oleh Mohammad Ashfiya/Ade Chandra yang mengalahkan Gao Peng/Yang Li dengan skor 2-1 (18-21, 21-14, 17-15), demikian catatan AVC.


Namun pada pertandingan selanjutnya, Indonesia yang diwakili Gilang Ramadhan/Danangsyah Pribadi harus takluk 2-0 (19-21, 14-21) atas pasangan Ha Likejiang/Wu Jiaxin sehingga kedudukan imbang 1-1.

Pertandingan pun berlanjut ke partai Golden Match dan Mohammad Ashfiya/Ade Chandra kembali menyumbangkan kemenangan bagi Indonesia setelah menang dengan skor 2-0 (23-21, 23-21).

Indonesia kembali harus melakoni laga yang sangat ketat saat menghadapi Selandia Baru di babak semifinal.

Setelah tertinggal 0-1, Indonesia akhirnya berhasil melaju ke babak final setelah mengantungi dua kemenangan dari Gilang/Danang di pertandingan kedua dan partai Golden Match.

Namun tim voli pantai Indonesia harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 2-0. Ashfiya/Ade Candra menyerah dua set langsung dari Christopher Mchugh/Damien Schumann dengan skor 18-21, 12-21.

Pada pertandingan lain, Gilang/Danang juga kalah oleh Maximilian Guehrer/Zachery Chubert dengan skor 13-21, 11-21.

Sementara itu, tim voli pantai putri Indonesia langsung tersingkir di babak awal ketika dua pasangan yang diturunkan, yakni Dhita Juliana/Putu Dinia Jasita Utami serta Desi Ratnasari/Allysah Mutakharah dikalahkan tim tuan rumah 2-0.

Kekalahan itu memupus harapan tim voli pantai Indonesia untuk kembali bertanding di ajang Olimpiade setelah absen 25 tahun lamanya. Tim voli pantai terakhir kali tampil di Olimpiade 1996 Atlanta.

AVC Beach Volleyball Continental Cup diikuti delapan negara, termasuk Indonesia, Thailand, Australia, China, Qatar, Selandia Baru, Iran, dan Oman untuk merebut hanya satu tiket menuju Olimpiade Tokyo. (antara)