Waduh, 28 ODGJ di RSJ Marzuki Mahdi Kota Bogor Terpapar Covid-19

Waduh, 28 ODGJ di RSJ Marzuki Mahdi Kota Bogor Terpapar Covid-19
istimewa



INILAH, Bogor - Direktur Utama RSJ Marzuki Mahdi Fidiansyah mengatakan, sebanyak 28 orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di rumah sakit jiwa kini terpapar Covid-19. 

Untuk menangani hal tersebut, dia menyebutkan butuh pendekatan tersendiri. Pasalnya, ODGJ mengalami dinamika dari gangguan kejiwaannya.

"Begini, untuk terpaparnya iya, tentu tetap sama ya dalam konteks apapun penularan itu ada interaksi terjadi karena kerumunan kemudian pengabaian protokol kesehatan serta tadi vaksinasi," kata Fidiansyah kepada wartawan, Senin (28/6/2021).


Dia melanjutkan, karena itu vaksinasi menjadi langkah utama untuk menekan angka Covid-19 untuk penyadang ODJG. Upaya vaksinasi itu sudah digaungkan dengan sasaran ODGJ termasuk disabilitas sehingga menjadi prioritas.

"Ya, alhamdulillah kami sudah berproses setiap hari melakukan pemantauan. Hanya tadi, ada keterbatasan yang harus kami lakukan. Karena harus ada persetujuan dari keluarga dibanding orang dengan kesehatan yang umum dia tidak perlu persetujuan lagi," tambahnya. (Rizki Mauludi)