Ade Yasin: 2 Tahun ke Depan, Akan Dibangun 169 Jembatan Rawayan

Ade Yasin: 2 Tahun ke Depan, Akan Dibangun 169 Jembatan Rawayan
Bupati Bogor Ade Yasin. (reza zurifwan)



INILAH, Bogor - Pemkab Bogor hanya bisa membangun 33 jembatan rawayan atau 'Indiana Jones' di Tahun 2021. Bahkan, tahun lalu, hanya bisa membangun 17 jembatan rawayan karena anggarannya banyak digeser atau refocusing demi penanganan wabah virus corona (Covid 19).

Sebanyak 33 jembatan rawayan ni harus dilaksanakan karena kalau tidak dikerjakan, akses transportasi terganggu hingga berefek ke penurunan pendapatan masyarakat dan efek negatif lainnya.

"Walaupun banyak kendala, pembangunan jembatan rawayan harus tetap dilaksanakan. Dari target pembangunan 219 jembatan rawayan, 17 jembatan rawayan sudah dibangun pada Tahun 2020 lalu dan 33 jembatam rawayan lainnya akan dibangun pada tahun ini," ungkap Bupati Bogor Ade Yasin kepada INILAH, Minggu, (27/6).


Dia menerangkan walaupun baru 50 jembatan rawayan akan terbangun selama dua tahun terakhir, ia tetap optimis proyek pembangunan jembatan rawayan di 95 desa yang ada di 33 kecamatan akan selesai di akhir masa kepemimpinannya.

"Kami tetap menargetkan sisa 169 jembatan rawayan ini akan tuntas pembangunannya hingga akhir Tahun 2022 mendatang sesuai masa jabatan saya menjadi Bupati Bogor," terangnya.

Ade menuturkan dana pembangunan jembaran rawayan ini diambil dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tingkat II, baik melalui program reguler maupun program satu milyar satu desa (Sami Sade).

"Jembatan rawayan ini tidak hanya menghubungkan anrar kampung, antar desa tetapi juga antar kecamatan se Kabupaten Bogor. Bisa melalui program reguler di DPU-PR maupun program Sami Sade di DPMD," tutur Ade.

Kepala DPU-PR Raden Subiantoro menjelaskan walaupun masih tersisa 169 jembatan rawayan yang belum terbangun ataupun teranggaran, pihaknya tetap optimus target diatas selesai tepat waktu.

"Kami harus tetap optimis, karena pembangunan jembatan rawayan ini tidak hanya dilakukan swadaya bersama masyarakat tetapi juga dibantu Kodim 0621 maupun Kodam III Siliwangi hingga tidak hanya menekan anggaran tetapi juga bakal mempercepat pengerjaannya," jelas Bibin sapaan akrabnya.

Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor Letkol (inf) Sukur Hermanto melanjutkan jajarannya siap membantu Pemkab Bogor dalam mempercepat proses pembangunan insfrastruktur, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Dengan ikut serta membangun insfrastruktur jembatan rawayan maupun jalan di desa-desa di Kabupaten Bogor tentunya itu untuk mempercepat proses pembangunan insfrastruktur hingga memudahkan akses transportasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kami siap membantu Pemkab Bogor," kata Letkol (Inf) Sukur. (reza zurifwan)