Penjualan VW ID.4 di China Mengecewakan

Penjualan VW ID.4 di China Mengecewakan
istimewa



INILAH, Beijing - VW ID, lini mobil listrik dari pabrikan Jerman Volkswagen, ternyata tidak mendulang penjualan seperti yang diharapkan di China sebagai pasar mobil listrik (EV) terbesar dunia.

Menurut konsultan otomotif LMC, penjualan dua varian VW ID.4 pada Mei lalu hanya sebanyak 1.213 unit, bahkan angka itu turun 200 unit dari bulan sebelumnya, demikian laporan Reuters.

Padahal, usaha gabungan milik Volkswagen dengan SAIC Motor China itu menargetkan penjualan sebanyak 60.000 unit setahun, atau sekitar 5.000 unit setiap bulannya.


Perusahaan China lainnya, FAW yang juga bermitra dengan Volkswagen untuk produksi dan penjualan VW ID CROZZ juga menargetkan jumlah yang sama. Sayangnya, target itu dianggap tidak realistis melihat pencapaian mereka dalam dua bulan terakhir.

Tiga orang sumber mengatakan kepada Reuters, pabrik-pabrik rekanan VW di China kini hanya menggunakan 10 persen dari total kapasitasnya imbas permintaan yang lemah.

Sumber itu menggarisbawahi beberapa faktor yang membuat penjualan VW tidak moncer seperti Tesla atau Wuling, antara lain kurangnya fitur pintar pada mobil dan peluncuran mobil yang terlambat.

"Penjualan sejauh ini berada di bawah harapan. Kami harus membatalkan rencana produksi untuk VW ID.4, lagi dan lagi," kata seorang sumber.

"Ini terlihat tidak beres. Tetapi kenyataannya, pelanggan tidak datang untuk membeli," lanjut sumber itu.

Sebagai perbandingan, Tesla menjual 6.612 unit Model Y di China dalam dua bulan pertama setelah diluncurkan.

Kinerja penjualan VW ID.4 di China juga kontras dengan niaga mereka di Eropa yang menjadikan mobil itu terlaris dengan penjualan 12.101 unit dalam dua bulan pertama peluncuran, menurut data JATO Dynamics.

Di sisi lain, Volkswagen memberikan jawaban kepada Reuters dengan menyatakan bahwa lini VW ID menempati segmen yang berbeda dengan Tesla, dan mereka menegaskan tidak memposisikan diri sebagai pesaing pabrikan mobil listrik asal AS milik Elon Musk itu. (inilah.com)