Dedie Minta Maksimalkan Integrasi Setiap OPD dalam SPBE

Dedie Minta Maksimalkan Integrasi Setiap OPD dalam SPBE
istimewa



INILAH, Bogor - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim membuka sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemkot Bogor. Dedie berharap dalam penerapan SPBE ini semua kepentingan di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) bisa terintegrasi dalam satu wadah dan struktur kegiatan yang efektif dan efisien. 

"Jadi jangan lagi ada pemborosan-pemborosan. Jangan di masing-masing OPD itu merasa punya kewenangan dalam membangun sistem. Jadi dikelola oleh satu badan yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai," kata Dedie, Rabu (23/6/2021). 

Ke depan, dia mengharapkan konsep smart city dalam penerapan SPBE ini bisa dipenuhi. Begitu pun dengan indikator yang harus dan bisa dipenuhi untuk menunjang penerapan SPBE tersebut. Dia juga menyinggung bagaimana adanya perubahan perilaku. 


"Transformasi dari kebiasaan manual, menjadi lebih digital dan elektronik. Jangan sampai kemudian nyaman dengan kebiasaan manualisasi. Ini salah satu langkah yang harus kami perbaiki. Bagaimana nanti grand desain dan rencana kerjanya seperti apa, sehingga betul-betul SPBE bisa terwujud sesuai dengan harapan," jelasnya. (Rizki Mauludi)