Pasien Covid-19 dari Luar Kabupaten Bogor Penuhi RSUD Cibinong

Pasien Covid-19 dari Luar Kabupaten Bogor Penuhi RSUD Cibinong
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cibinong - Ruang ICU untuk  pasien Covid 19 di RSUD Cibinong penuh. Hal itu karena rumah sakit rujukan wilayah Provinsi Jawa Barat tersebut dibanjiri pasien Covid-19 dari Kota Bogor dan Kota Depok.

"Saat ini tingkat bed occupancy rate (BOR) Ruang ICU pasien Covid-19 di RSUD Cibinong dari 24 bed atau tempat tidur sudah terisi semua, kebanyakan mereka pasien rujukan dari Kota Bogor maupun Kota Depok," ucap Direktur Utama RSUD Cibinong Wahyu Eko Widiharso kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Dia menambahkan, untuk jumlah atau tingkat BOR perawatan pasien Covid-19, dari 242 tempat tidur yang tersisa hanya di angka 22 tempat tidur saja. Jumlah ini berada diatas dari angka standar world health organization (WHO) yaitu di angka 60 persen.


"Sekarang jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di ruang perawatan ada 220 pasen, sedangkan jumlah tempat tidurnya hanya 242 tempat tidur. Peningkatan keterisian ini juga karena adanya pasien dari luar Kabupaten Bogor" tambahnya.

Wahyu menuturkan, karena harus memenuhi standar WHO dan juga keterbatasan tenaga kesehatan, jajaran RSUD Cibinong pun sedang membuka rekruitmen tenaga relawan Covid-19.

"Saat ini RSUD Cibinong dalam proses rekruitmen tenaga relawan Covid-19, kami membutuhkan puluhan orang tenaga dokter dan perawat," tutur Wahyu.

Mengenai ketersediaan alat penanganan wabah Covid-19, vitamin dan obat-obatan, ia memaparkan sejauh ini masih cukup stoknya. 

"Kalau alat penanganan wabah Covid-19, vitamin dan obat-obatan itu masih ada ketersediaannya, masalah kami ialah  klaim biaya perawatan pasien Covid 19 belum terbayarkan semua oleh Kementerian Kesehatan dan berkurangnya nilai insentif buat para tenaga kesehatan," paparnya.

Wahyu menjelaskan  bahwa dibantu pihak Polres sejak tiga hari lalu pihaknya sudah mendirikan dua buah tenda di depan IGD RSUD Cibinong. Satu tenda dapat menampung 12 pasien dan satu tenda lainnya hanya menampung tiga sampai empat pasien.

"Tenda darurat tersebut dilengkapi tempat tidur untuk melakukan pemeriksaan awal saat pasien baru masuk ke rumah sakit sambil  menunggu ruangan IGD RSUD Cibinong kosong," jelas Wahyu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina melanjutkan tingkat keterisian tempat tidur atau BOR di seluruh rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor telah mencapai 88,24 persen.

"Sejak kemarin keterisiannya sudah mencapai 88,24 persen. Kami menghimbau agar masyarakat melaksakan secara ketat protokol kesehatan Covid-19 dan melaksanakan program Lima Saja yang terdiri dari lima aksi nyata yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan meningkatkan daya tahun tubuh dengan aktivitas olahraga, istirahat yang cukup dan memakan makanan yang bergizi seimbang," lanjut Mike. (Reza Zurifwan)