Tenaga Kesehatan Covid-19 Jabar Akan Mendapat Donasi 25.000 Suplemen RHT

Tenaga Kesehatan Covid-19 Jabar Akan Mendapat Donasi 25.000 Suplemen RHT
net



INILAH, Bandung - Tenaga kesehatan di Jawa Barat sebagai garda terdepan penanganan pandemi akan mendapatkan suplemen terapi Covid-19 Rhea Healt Tone (RHT). Suplemen tersebut dikembangkan pertama kali oleh peneliti RHEA di Armenia. 

Inisitasor RHT di Indonesia Rudiantara mengatakan, terdapat 25.000 botol RHT yang akan didonasikan. Penyebarannya, yaitu melalui jaringan yang sudah terbentuk dalam Program Puspa atau Pemberdayaan 100 Puskesmas Jabar. 

Menurut eks Menkominfo ini, Puspa memiliki jaringan yang telah siap. Karena itu, pendistribusian 14,000 botol dilakukan bekerjasama dengan koordinator program Puspa, yaitu Centre for Indonesia’s Strategic Development Initiatives(CISDI) dan 11.000 botol akan didistribusikan melalui jaringan Pemprov Jabar.


“Mengingat situasi pandemi Covid yang menunjukkan tanda kenaikan, RHT akan mendonasikan produknya kepada front liner kesehatan untuk memperkuat daya tahan (imunitas) front liner kesehatan di Jawa Barat dan dimungkinkan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh front liner kesehatan yang terdapak virus Covid-19 (kuratif) dengan pemberian RHT sesuai tata cara uji klinik yang dapat memberi manfaat untuk percepatan perbaikan kondisi pasien,” ujar Rudiantara dalam acara donasi RHT via daring bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (23/6/2021).

Sementara itu, mantan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo yang juga inisiator RHT mengatakan RHT direkomendasikan sebagai bagian dari terapi pasien Covid-19 di Armenia. Namun pihaknya mengaku tidak akan mengklaim suplemen ini sebagai obat Covid-19 karena harus melewati rangkaian ujicoba klinis.

Pihaknya saat ini tengah melakukan ujicoba pengobatan menggandeng BPPOM dan RSHS Bandung juga RS Wisma Atlet Jakarta. Sementara untuk pencegahan dilakukan di RS Persahabatan Jakarta.

“Banyak yang sudah terbantu, percepatan penyembuhan bisa 5-7 hari mereka rata-rata PCR negatif. Tapi ini bukan suara akademik jadi harus on trial,” kata Eko.

Menurut dia, saat ini sudah ada 4.000 botol batch pertama yang dikirim kepada CISDI. Hingga nantinya didistribusikan kepada jaringan Puskesmas Program Puspa.

RHT adalah imunomodulator minyak esensial pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi BPOM pada bulan April 2020 (T1204633151 - sebagai suplemen). Rhea Health Tone memiliki penelitian yang luas terkait dengan manfaatnya sebagai imunomodulator serta berbagai penelitian untuk mengukur manfaat sebagai antibakterial, antivirus, anti peradangan dan kandungan antioksidan yang tinggi.

Salah satu penelitian yang sedang berlangsung adalah di Wisma Atlet dan RSUP Dr Hasan Sadikin dengan judul “Uji Klinik fase II Multisenter,terkontrol, acak, label terbuka untuk Menilai Efektivitas dan Keamanan Rhea Health Tone® sebagai Terapi Tambahan untuk Covid-19 pada Orang Dewasa yang Rawat Inap di Rumah Sakit di Indonesia”. (Rianto Nurdiansyah)