Doa yang Harus Dibaca Saat Melihat Tetangga atau Kerabat Terpapar Covid-19

Doa yang Harus Dibaca Saat Melihat Tetangga atau Kerabat Terpapar Covid-19
Ilustrasi/Net



LONJAKAN kasus Covid-19 di Indonesia begitu mengkhawatirkan. Bahkan di beberapa daerah, banyak Rumah Sakit (RS) yang kesulitan menangani para pasien positif karena penuhnya ruangan dan ketersediaan oksigen.

Ini penting bagi kita. Sebuah doa, yang harus dibacakan ketika melihat atau mendengar tetangga dan para kerabat dekat terpapar Covid-19.

Doa ini diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam untuk umatnya ketika melihat ada orang yang tertimpa musibah. Dari Ibnu ‘Umar, dari bapaknya ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


“Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan,

الحمد لله الذي عافاني مما ابتلاك به و فضلني على كثير ممن خلق تفضيلا

‘Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa’

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Dikutip rumaysho.com, andai kalimat itu diucapkan, maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup.” (HR. Tirmidzi, no. 3431; Ibnu Majah, no. 3892. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini dha’if dan penguatnya, syawahidnya juga dha’if. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)