Mahasiswa Unpas Ini Ajak Kaum Muda Gerakkan Ekonomi Petani

Mahasiswa Unpas Ini Ajak Kaum Muda Gerakkan Ekonomi Petani
istimewa



INILAH, Bandung - Menjadi seorang petani merupakan hal yang sangat mengesankan dan memiliki nilai yang tinggi jika mampu mengemasnya dengan sebaik mungkin. Hal ini pun dilakukan mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) Naufal Fadhilah Ramadhan.

Ketua Umum Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu mengajak mahasiswa untuk menghidupkan peran ekonomi petani di daerah. Pihaknya sudah merasakan menjadi petani hampir dua tahun dan hasilnya positif.

"Itu yang saya dan tim rasakan. Meraup omset besar sebagai petani," ujar Naufal, Selasa (22/6/2021).


Dia mengatakan pada pertengahan tahun 2019, dirinya dan tim bergerak di sektor perikanan dan peternakan. Pihaknya, membentuk denah usaha bernama Atnaka Fish & Farm dengan lokasi yang cukup strategis yakni di Bogor Jawa Barat.

“Atnaka Fish & Farm di harapkan bukan hanya sebagai bentuk usaha saja, melainkan dapat berperan kebermanfaatan bagi para petani daerah,” imbuhnya.

Selain sudah menempuh sektor perikanan dan peternakan selama hampir dua tahun, dirinya dan tim mencoba mengajak para petani sekitar untuk mampu bersaing di consumption market dan melakukan segala strategi yang dibentuk bersama.

“Saya rasa ini dapat menjadi bagian penting peran mahasiswa dalam meningkatkan ekonomi petani dan daerah,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, dirinya merasakan secara langsung bagaimana kepuasan bergerak di sektor perikanan dan peternakan tidak ada yang sulit. Bahkan semua sangat mudah setelah sektor tersebut menjadi hobi dan tim mengeksekusi semua rencana yang telah dirancang.

“Atnaka Fish & Farm Bogor sudah memiliki lokasi baru dan tidak jauh dari lokasi kolam atau balong yang sebelumnya. Lokasi pertama memiliki 8 kolam dan 6 jenis ikan segar air tawar. Sedangkan lokasi kedua (baru) memiliki 4 kolam dan beberapa farm untuk kambing dan domba. Saya rasa ini hasil yang sangat memuaskan karena hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun, saya dan tim berhasil memperluas kinerja dan semoga akan meningkat di akhir tahun 2021 ini,” pungkasnya. (Okky Adiana)