Kroasia vs Skotlandia, Akhir Tragis?

Kroasia vs Skotlandia, Akhir Tragis?
Antara Foto



PERJALANAN sang finalis Piala Dunia 2018, Kroasia di ambang tragis. Mereka butuh keajaiban untuk lolos ke babak 16 Besar Euro 2020.

Luka Modric tampak masih sulit menerima kenyataan. Dia selalu menolak anggapan Kroasia sudah habis masa kejayaannya. "Kami tim kuat, saya yakin itu," ujar gelandang Real Madrid ini.

Nyatanya, dua laga yang telah dilakoni menempatkan Kroasia di ujung tanduk. Mereka gagal menang. Setelah takluk 0-1 di tangan Inggris, Modric dan kawan-kawan dipaksa menelan hasil imbang 1-1 meladeni Republik Ceko.


Jadilah Kroasia menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup D dengan koleksi 1 poin. Mereka tertinggal tiga poin dari Ceko dan Inggris yang berbagi puncak klasemen.

Kroasia wajib menang saat menghadapi Skotlandia di Hampden Park, Rabu (23/6) dini hari WIB. Tapi untuk lolos langsung dengan menempati posisi kedua, kemenangan saja tak cukup. Mereka harus menang telak dan berharap di laga lain Ceko takluk di tangan Inggris.

Skenario lolos yang kedua, adalah menyabet status peringkat ketiga terbaik. Dan hal ini masih sulit dihitung lantaran banyak tim di grup lain yang belum bertanding.

Modric meminta rekan-rekannya bangkit dan melupakan hasil buruk pada dua laga sebelumnya. Dia ingin timnya tampil lebih rapih.

Ia berkata: "Ada rasa pahit setelah pertandingan ini, karena kami tidak menang. Kami memasuki pertandingan benar-benar tidak terorganisir, tetapi kemudian kami terlihat lebih baik di babak kedua.

"Kami mencetak gol itu dan kami bisa mencetak lebih banyak lagi, tapi sayangnya kami tidak menang. Sekarang, kami harus mengalahkan Skotlandia untuk lolos."

Sementara itu Ivan Perisic tahu Kroasia harus meningkatkan standar mereka setelah awal yang buruk di turnamen.

Dia berkata: "Kami tidak bermain dengan baik, sama sekali tidak. Saya tidak tahu alasannya. Kami memiliki awal yang buruk untuk pertandingan, kami mencetak gol itu kemudian, tetapi kami harus menunjukkan lebih banyak melawan Skotlandia."

Sementara itu, Skotlandia juga masih punya kans lolos lantaran mengoleksi poin yang sama dengan Kroasia hanya saja kalah selisih gol. Pelatih Steve Clark meyakini timnya bisa memenangi laga meskipun secara kualitas individu masih kalah dari Kroasia.

"Mereka finalis Piala Dunia lalu dan punya pemain-pemain hebat. Kami, ya mengandalkan semangat dan kebersamaan. Saya rasa dua hal itu cukup untuk memenangi laga sesulit apapun," lugasnya.