Rep Ceko vs Inggris, Under Pressure!

Rep Ceko vs Inggris,  Under Pressure!
Antara Foto



PRESSURE tinggi dipikul kapten Timnas Inggris, Harry Kane jelang laga penentuan melawan Republik Ceko. Mampukah striker Tottenham Hotspur itu lepas dari tekanan?

Laga hidup mati tersaji di Wembley Stadium, London, Rabu (23/6) dini hari WIB. Inggris dan Ceko harus saling mengalahkan demi merebut satu tiket ke babak 16 besar Euro 2020.

Banyak yang terkejut dengan performa Tim Tiga Singa dalam dua laga awal Grup D. Terkejut dalam artian negatif lantaran skuat besutan Gareth Southgate tampil begitu buruk. Mereka hanya menang tipis 1-0 menghadapi Kroasia dan berimbang tanpa gol saat dijamu Skotlandia.


Jelas ini alarm bahaya buat Harry Kane dan kawan-kawan yang awalnya begitu diyakini tampil 'meledak' sebagai salah satu kandidat juara. "Mereka mengecewakan. Bermain seperti sedang menggendong seekor monyet," sindir mantan pelatih Tim Tiga Singa, Fabio Capello dikutip situs resmi UEFA.

Tapi Southgate tak peduli dengan kritik. Dia hanya ingin fokus ke laga melawan Ceko yang menurutnya sudah menguras banyak pikiran serta tenaga. "Mereka silakan berbicara. Kami hanya ingin fokus bekerja," katanya.

Problem terbesar Inggris terletak di lini depan. Mereka begitu tumpul. Bahkan, Harry Kane yang dijagokan merebut gelar top skorer malah mandul dalam dua laga awal.

Tapi Southgate tak peduli. Dia membela Kane serta memastikan sang kapten akan tetap diturunkan sejak menit awal ketika meladeni Ceko.

"Anda bisa berasumsi demikian (Kane tampil buruk). Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini," kata Southgate kepada ITV.

Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa sang kapten, tetapi alasan-alasan lain.

"Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan," kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

Southgate enggan memforsir tenaga Kane. Dia belajar dari pengalaman di Piala Dunia 2018 dimana Kane malah 'kehabisan bensin' di laga semifinal lantaran terus bermain penuh pada laga-laga sebelumnya.

"Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang. Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi dia adalah pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini," lanjutnya.

Southgate mengakui bahwa ia sadar Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras. Tapi dia meyakini penyerang Tottenham Hotspur itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

"Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali," katanya.

"Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar dan dia menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya dan saya berharap hal yang sama," tutup Southgate.

Sementara itu Pelatih Ceko Jaroslav Silhavy menegaskan timnya tetap mengincar kemenangan ketika menghadapi Inggris. Seperti diketahui, Ceko hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak 16 besar

"Terlalu berisiko membiarkan mereka (Inggris) mengembangkan permainan. Kami yang akan mendikte dan berusaha memegang bola selama mungkin," lugasnya. (bsf)

 

 

HEAD TO HEAD
11/10/19: Rep Ceko 2-1 Inggris

22/03/19: Inggris 5-0 Rep Ceko

20/08/08: Inggris 2-2 Rep Ceko

 

LIMA LAGA TERAKHIR KROASIA

18/06/21: Kroasia 1-1 Rep Ceko

14/06/21: Skotlandia 0-2 Rep Ceko

08/06/21: Rep Ceko 3-1 Albania

04/06/21: Italia 4-0 Rep Ceko

30/03/21: Wales 1-0 Rep Ceko

 

LIMA LAGA TERAKHIR INGGRIS

18/06/21: Inggris 0-0 Skotlandia

13/06/21: Inggris 1-0 Kroasia

06/06/21: Inggris 1-0 Rumania

02/06/21: Inggris 1-0 Austria

31/03/21: Inggris 2-1 Polandia

 

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Rep Ceko (4-2-3-1)

Vaclik (GK) Boril, Kalas, Celustka, Coufal (B) Holes, Soucek (cdm) Jankto, Darida, Masopust (T) Schick (D)

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Inggris (4-2-3-1)

Pickford (GK) Walker, Stones, Maguire, Shaw (B) Rice, Handerson (cdm) Mount, Grealish, Rashford (T) Kane (D)

Pelatih: Gareth Southgate