Robert Alberts Siapkan Skuat Terbaik di Piala Wali Kota Solo

Robert Alberts Siapkan Skuat Terbaik di Piala Wali Kota Solo
istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menunjukan keseriusannya menghadapi Piala Wali Kota Solo 2021 sekalipun hanya bertajuk turnamen pramusim.

Terbukti, pelatih asal Belanda ini secara terang-terangan tidak akan memberikan banyak kesempatan pemain muda untuk tampil. Sebaliknya, akan menyiapkan pemain yang akan bermain di Liga 1 2021-2022. 

"Kami akan pergi dengan pemain yang disiapkan untuk bermain di Liga, kami tidak bisa memberikan pemain muda banyak kesempatan karena tim yang disiapkan untuk Liga kini harus sudah siap. Seperti memilih kiper, bek dan lainnya. Kami memang belum sepenuhnya lengkap tapi sudah mendekati," ujar Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Senin (21/6/2021). 


Robert akui target Persib di Piala Wali Kota Solo 2021, yakni juara. Namun, saat ini fokusnya mengalami perubahan karena jadwal penyelenggaraan terbaru disusun hampir mendekati jadwal kick off Liga 1 2021-2021. 

Sesuai dengan rencana, Piala Wali Kota Solo akan digelar pada 29 Juni hingga 4 Juli. Sementara Liga 1 2021-2022 akan mulai dihelat pada 10 Juli mendatang. 

"Jika kami bermain di tanggal semula pada 20 Juni, kini kami seharusnya sudah berada di Solo dan ketika turnamen selesai, masih ada banyak waktu yang tersisa, sekitar dua pekan hingga Liga dimulai. Jadi kami bisa fokus ke turnamen itu. Tapi sekarang turnamennya ditunda dan Liga dimulai hanya lima hari setelah turnamen itu selesai, jadi fokusnya diubah. Kami tidak bisa untuk terlalu berupaya keras dan mengambil risiko pemain cedera, itu berisiko karena pemain akan kelelahan," tuturnya. 

Apalagi, lanjutnya, apabila timnya berhasil melenggang ke babak berikutnya. Otomatis, stamina para pemainnya terkuras lantaran akan bermain dua kali dalam waktu tiga hari. 

"Sebenarnya tidak diperbolehkan. Harus ada waktu untuk pemulihan selama 48 jam. Tapi karena ini bukan turnamen resmi jadi kami hanya diberikan waktu 24 jam untuk istirahat. Ini juga tidak bagus sebetulnya, karena pertandingan terbaik itu seharusnya di final, tapi di turnamen ini tim tidak punya waktu istirahat yang cukup untuk final," katanya. 

Untuk itu, Robert memastikan hanya meminta para pemainnya untuk fokus pada Liga 1 2021-2022. Sebab di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu, Persib memiliki target untuk menjadi juara. 

"Kami tentunya harus berpikir untuk liga, jika turnamen ini digelar pada waktu normal (20-26 Juni) maka kami bisa fokus di turnamen ini. Kini fokus kami ke Liga, tapi kami sudah memutuskan untuk berpartisipasi dan kami akan mencoba yang terbaik, meski fokus kami untuk Liga," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)